Cryptocurrency

Bunker di Gunung Swiss yang Jadi Tempat Penyimpanan Bitcoin

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
27 January 2018 11:30
Keamanan berlapis

Keamanan berlapis

Xapo tidak menyimpan fisik Bitcoin. Secara teknis, di tempat ini hanya tersimpan kunci kriptografi pribadi. Kunci kriptografi ini akan saling berpasang dan membentuk kunci khusus yang akan memberikan akses ke penyimpanan dalam jaringan Bitcoin.

Bunker yang jadi pusat data ini memiliki luas 3.048 m2 dan dikelola oleh perusahaan bernama Deltalis. Ini adalah perusahaan keamanan siber tingkat tinggi dan pengelolaan data terpusat.


Bunker ini sudah disulap layaknya sebuah kantor. Ketika berada di lobi, pengunjung harus melapor ke pihak keamanan, foto diri dan memindai sidik jari. Setelah itu bergerak ke sebuah kotak yang Joon Ian Wong sebut sebagai ‘perangkap’. Ini adalah sebuah tempat berbentuk silinder seperti bilik telepon. Ruang ini terbuat dari kaca anti peluru dengan pintu yang tertutup di sisi lainnya.


Operator akan membuka bilik ini dan pengunjung harus memindai lagi kartu identitas. Setelahnya sederetan pintu baja akan terbuka. Pelanggan akan menelusuri lorong setinggi 100 meter menuju ruang dari batu granit yang mungkin bisa bertahan bila ada ledakan nuklir.

Joon Ian Wong diajak ke sebuah ‘ruangan pribadi’ Xapo, sebuah data center yang sangat aman. Mereka melalui ‘perangkap’ kedua dan berakhir di sebuah pintu berwarna putih yang tidak terlalu mencolok. Saat di buka ada sebuah ruangan berisi unit pendingin dan satu pintu lagi.
HALAMAN :
1 2 3
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading