Cryptocurrency

Bunker di Gunung Swiss yang Jadi Tempat Penyimpanan Bitcoin

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
27 January 2018 11:30
Jakarta, CNBC Indonesia — Joon Ian Wong, Reporter Teknologi Quartz berada di pesisir timur Danau Lucerne, Swiss ketika pemandu jalan menunjukkan tempat yang akan dituju. “Bunkernya berada di salah satu pegunungan ini,” ujar Maxim Kon, memberikan isyarat pada kabut yang dilalui mobil BMW yang mereka tunggangi. 

Kon membawanya ke salah satu Kubah untuk melihat dimana Xapo, perusahaan tempat Kon bekerja, menyimpan Bitcoin milik pelanggan perusahaan. Kubah itu bukan tempat biasa, disana ada sebuah bunker yang tak lagi digunakan militer Swiss, yang terletak di sebuah gunung granit. 

Bunker merupakan sejenis bangunan pertahanan militer yang dibangun di bawah tanah. Bunker tempat Xapo beroperasi memiliki panjang 320 meter. Bunker ini dibangun tahun 1947 dan menjadi kantor pusat rahasia pasukan Swiss pada masa perang dingin. 


Lokasinya pun sangat rahasia, aksesnya dibatasi oleh pihak keamanan. Kon tidak akan memberi tahu pada Jong Ian Wong berapa banyak Bitcoin yang tersimpan di Bunker itu. Tetapi Kon bisa menghasilkan jutaan dolar dari konsumen yang ingin berkeliling kubah untuk mengetahui tempat penyimpanan uang digital mereka. 


Aneh memang memiliki Bitcoin Cs tetapi membutuhkan tempat penyimpanan fisik. Ternyata Bitcoin Cs sama saja seperti foto yang paling berharga, yang membutuhkan wadah penyimpanan sendiri.
 

Pendiri Xapo adalah pengusaha asal Argentina, Wences Casares. Adalah Casares orang pertama yang memberikan taipan teknologi Bill Gates and Reid Hoffman Bitcoin pertama mereka. (roy)
1 dari 3 Halaman
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading