Top Rupiah! Riyal Arab Saudi Ambles ke Level Terendah 1 Bulan

Syariah - Putu Agus Pransuamitra, CNBC Indonesia
29 April 2021 16:38
FILE PHOTO: A Saudi money changer displays Saudi Riyal banknotes at a currency exchange shop in Riyadh, Saudi Arabia July 27, 2017. REUTERS/Faisal Al Nasser

Jakarta, CNBC Indonesia - Nilai tukar riyal Arab Saudi melemah tajam melawan rupiah pada perdagangan Kamis (29/4/2021) hingga menyentuh level terendah dalam 1 bulan terakhir. Pengumuman kebijakan moneter bank sentral Amerika Serikat (AS) dini hari tadi menjadi pemicu penguatan rupiah.

Melansir data Refinitiv, riyal hari ini sempat dibuat ambrol hingga 0,69% ke Rp 3.839/SAR. Posisi riyal membaik, di akhir perdagangan berada di Rp 3.852/SAR, melemah 0,34% di pasar spot. Level tersebut merupakan yang terendah sejak 30 Maret lalu. 

Pelemahan tajam riyal dipicu anjoknya dolar AS. Arab Saudi menerapkan kebijakan fixed exchange rate mata uang riyal terhadap dolar Amerika Serikat (AS) sejak tahun 1986. US$ 1 ditetapkan setara 3,75 riyal.


Dengan kebijakan tersebut naik turunnya nilai tukar riyal melawan rupiah menjadi sama persis dengan dolar AS melawan rupiah, meski dengan persentase yang berbeda. Bagaimana pun kondisi perekonomian Arab Saudi, pergerakan mata uangnya akan selalu copy paste dari dolar AS.

Dolar AS pagi tadi melemah 0,66%, sebelum mengakhiri perdagangan dengan melemah 0,34% ke Rp 14.445/US$.

Dolar AS tertekan setelah The Fed dini hari tadi menegaskan tidak akan mengubah kebijakan moneternya dalam waktu dekat. Suku bunga 0,25% masih akan dipertahankan setidaknya hingga tahun 2023, meskipun perekonomian AS diakui tumbuh lebih tinggi ketimbang prediksi.

Dalam konferensi pers, Ketua The Fed Jerome Powell menyatakan bahwa saat ini bukan waktu yang tepat untuk bicara penghentian pembelian obligasi di pasar. The Fed saat ini membeli obligasi atau yang dikenal dengan quantitative easing (QE) senilai US$ 120 miliar per bulan, artinya itu masih akan terus berlanjut, dan belum akan dilakukan pengurangan nilai pembelian atau tapering.

Pengumuman tersebut membuat indeks dolar AS merosot 0,33% pada perdagangan Kamis, dan pagi tadi sempat turun 0,2% ke 90,424.

TIM RISET CNBC INDONESIA


[Gambas:Video CNBC]

(pap/pap)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading