Arab Saudi Buka Pintu Jemaah Haji Tahun Ini, Cek Kurs Riyal

Syariah - Putu Agus Pransuamitra, CNBC Indonesia
21 March 2022 18:15
A station attendant returns Saudi Riyal cash to customer after he refuels his car at a gas station in Riyadh, Saudi Arabia, Monday, Dec. 9, 2019. (AP Photo/Amr Nabil)

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah Arab Saudi akan membuka pintu jemah haji dari negera lain di tahun ini, meski kuotanya belum bisa dipastikan. Kepastian tersebut diungkapkan oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. 

"Saya kemarin bertemu Menteri Haji dan Umrah Saudi, saya mendapat penjelasan bahwa akan ada pemberangkatan jemaah haji tahun ini dari luar Saudi," terang Menag di Jeddah dikutip dari situs resmi Kementerian Agama Indonesia, Senin (21/3/2022).

Menag juga mendiskusikan kemungkinan jumlah kuota haji Indonesia dengan Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi Tawfiq F. Al-Rabiah. Menag berharap Indonesia bisa mendapatkan kuota yang ideal.


"Saya sampaikan bahwa mungkin kuota haji tahun ini belum normal karena pandemi, namun saya berharap Indonesia dapat alokasi ideal," jelas Menag.

"Saya tegaskan bahwa Indonesia siap melaksanakan haji dan memohon agar segera ada kepastian kuotanya," sambungnya.

Sementara itu kurs riyal Arab Saudi sepanjang tahun ini menguat melawan rupiah, meski tidak terlalu besar.

Melansir data Refinitiv, dibandingkan posisi akhir 2021 hingga perdagangan Senin (21/3), riyal tercatat menguat 0,71% ke Rp 3.822/SAR. Jika dilihat, sepanjang tahun ini riyal bergerak di kisaran Rp 3.789/SAR - Rp 3.841/SAR.

Pergerakan riyal tersebut mengikuti dolar AS yang juga bergerak sideways melawan rupiah di tahun ini. Sebab Arab Saudi menerapkan kebijakan fixed exchange rate mata uang riyal terhadap dolar Amerika Serikat (AS) sejak tahun 1986. US$ 1 ditetapkan setara 3,75 riyal.

Dengan kebijakan tersebut naik turunnya nilai tukar riyal melawan rupiah menjadi sama persis dengan dolar AS melawan rupiah, meski dengan persentase yang berbeda. Bagaimana pun kondisi perekonomian Arab Saudi, pergerakan mata uangnya akan selalu copy paste dari dolar AS.

TIM RISET CNBC INDONESIA 


[Gambas:Video CNBC]

(pap/pap)
Terpopuler
    spinner loading
Artikel Terkait
Features
    spinner loading