Resmi! Erick Thohir jadi Ketua Masyarakat Ekonomi Syariah

Syariah - Yuni Astutik, CNBC Indonesia
23 January 2021 17:16
Menteri Badan Usaha Milik Negara RI (BUMN) Erick Thohir dalam acara CNBC Indonesia Award 2020 Indonesia dengan tema Menyongsong Bangkitnya Ekonomi Indonesia 2021. (CNBC

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri BUMN, Erick Thohir ditetapkan sebagai Ketua Umum Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) berdasarkan hasil sidang Tim Formatur Musyawarah Nasional V.

Dalam keterangannya, Minggu (23/1/2021) Erick Thohir akan menjabat sebagai Ketua Umum Periode 1442-1445 Hijriyah atau 2021 sampai 2024.

Erick Thohir menggantikan pendahulunya yaitu Wimboh Santoso yang juga merupakan Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Wimboh menduduki posisi Ketua Umum MES periode 2018 sampai 2021.


Sebelumnya, dalam sambutannya pada Munas V MES, Erick Thohir memaparkan berbagai hal. Diantaranya adalah realita bagaimana bank syariah Indonesia yang penetrasinya masih rendah dibanding dengan negara lain.

"Turki Jordan, jangan lihat Malaysia, tetangga tapi jauh sekali. Ini yang harus jadi fokus, ekonomi syariah menjadi optional yang harus jadi prioritas," tuturnya.

Menteri BUMN Erick Thohir, Ketua Umum Masyarakat Ekonomi SyariahFoto: Menteri BUMN Erick Thohir, Ketua Umum Masyarakat Ekonomi Syariah
Menteri BUMN Erick Thohir, Ketua Umum Masyarakat Ekonomi Syariah

Untuk itu, Indonesia harus melakukan intervensi agar ada keberpihakan yang lebih baik. Erick juga menyinggung bagaimana peran di BUMN yang menurutnya tak kalah penting.

"Memberanikan diri membuat terobosan dengan rencana merger bank syariah di himbara. Tentu seperti strategi yang sudah disampaikan sebelumnya, Himbara sudah punya 4 bank. Bagaimana masing-masing bank akan refocus, targetkan, menjadi pemain stabilisasi keberpihakan kepada ekonomi lebih luas," ujarnya.


[Gambas:Video CNBC]

(hps/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading