Wapres Kyai Maruf Amin Lantik Erick Thohir Dkk Pengurus MES

Syariah - Monica Wareza, CNBC Indonesia
22 March 2021 16:30
PELANTIKAN PENGURUS PUSAT MASYARAKAT EKONOMI SYARIAH PERIODE 1442-1445 H

Jakarta, CNBC Indonesia - Wakil Presiden Maruf Amin melantik Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir sebagai ketua dan pengurus Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) lainnya untuk periode kepengurusan 2021-2023. Pelantikan ini dilakukan secara fisik dan daring, disiarkan melalui akun Youtube MES.

Beberapa nama lainnya juga dilantik selain Erick yang merupakan Ketua Umum MES, juga terdapat Teten Masduki Menteri Koperasi dan UKM, Muhammad Lutfi Menteri Perdagangan dan Bahlil Lahadalia Kepala BKPM sebagai Wakil Ketua MES 1, 2 dan 3.

Satu nama lainnya yang juga familiar dalam pengurus pusat MES periode ini adalah Hery Gunardi yang merupakan Direktur Utama PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BRIS) sebagai Bendahara Umum.


Dalam sambutannya, Maruf yang juga merupakan Ketua Dewan Pembina Pengurus Pusat MES ini mengatakan MES harus mengambil peran sebagai pemberi solusi atas masalah ekonomi umat di Indonesia melalui program-program yang berdampak besar pada perekonomian dan inklusi keuangan syariah di Indonesia.

"Pengurus pusat MES diharapkan. segera menyusun program kerja yang efektif, solutif dan berdampak besar atau high impact. MES sebagai organisasi keumatan diharapkan senantiasa konsisten, menjadi lokomotif keuangan syariah di Indonesia yang diharapkan bisa lebih luas dan membumi menyentuh umat secara langsung," kata Maruf dalam sambutannya, Senin (22/3/2021).

Secara khusus dia menyampaikan, salah satu langkah yang harus dilakukan MES adalah mengembangkan usaha mikro dan kecil berbasis syariah termasuk usaha di bidang keuangan guna mendorong rantai pasokan halal di Indonesia.

Hal ini dapat dilakukan dengan merintis kemitraan antara usaha besar dengan usaha kecil dan mikro sehingga bisa didapatkan dampak yang berkesinambungan, tak hanya pada keuntungan yang lebih besar namun juga adanya pendampingan dan pembinaan kepada usaha kecil tersebut.

"MES perlu mendorong pembangunan pusat inkubasi di sejumlah daerah dalam rangka penyamaian tumbuh dan berkembangnay pengusaha dalam berbagai tingkatan. MES juga perlu mendorong pembangunan pusat-pusat bisnis syariah, sharia business center, yang didukung infrastruktur digital sebagai sarana interaksi antarbisnis syariah," jelasnya.

Selain itu, MES juga diminta bekerja dengan memanfaatkan berbagai kelompok, seperti pesantren untuk membangun dan menggerakkan ekonomi umat.

Kolaborasi antara pengurus pusat dengan daerah serta kegiatan dengan melibatkan pemerintah setempat juga diminta oleh Maruf terus dilakukan guna mendukung pemulihan ekonomi nasional.

"Saya berharap dengan dilantiknya saudara sekalian sebagai pengurus MES periode 2021-2023 akan melahirkan pemikiran dan kegiatan yang inovatif, kritis dan out of the box," tandasnya.


[Gambas:Video CNBC]

(hps/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading