Erick Bicara Pemerataan Ekonomi Umat, Caranya Gimana Pak?

Syariah - Monica Wareza, CNBC Indonesia
22 January 2021 17:30
Infografis/Ri Kejar Keteringgalan, 3 Bank Syariah Di Merger/Aristya Rahadian

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan, salah satu upaya untuk melakukan pemerataan ekonomi umat Islam di Indonesia, yakni melalui perluasan perekonomian syariah dan investasi syariah. Potensi itu telah didukung dengan jumlah penduduk muslim di Indonesia yang terus meningkat.

Hal ini perlu dilakukan, terutama di tengah pandemi Covid-19 yang menyebabkan makin banyaknya pekerja telah dirumahkan. Bahkan data terakhir menunjukkan jumlahnya mencapai 3,5 juta orang. Belum lagi ditambah dengan angkatan kerja usia produktif yang mencapai 53% untuk kalangan usia 18-30 tahun.

Untuk itu dibutuhkan jumlah lapangan kerja yang lebih banyak untuk memberikan kesempatan yang lebih luas. Di satu sisi juga bisa dimanfaatkan guna memperbesar penetrasi keuangan syariah di Indonesia dengan pemberdayaan industri halal di dalam negeri.


"Tidak berkepanjangan birokrasi berbelit-belit tapi bisa langsung dirasakan dampaknya. Karena itu kalau dilihat banyak hal yang jadi kesempatan bangun pondasi, bisa berdayakan industri halal," kata Erick dalam webinar Masyarakat Ekonomi Syariah, Jumat (22/1/2021).

Dia menjelaskan, potensi yang ada di Indonesia mulai dari halal food, islamic fashion hingga halal cosmetic. Dengan potensi yang ada, bahkan bisa ditargetkan bahwa Indonesia bisa menjadi leader dan trendsetter di industri tersebut.

"Islamic financing harus tidak kalah dengan yang ada di market saat ini," ujar dia.

Salah satu upaya yang dilakukan Kementerian BUMN adalah dengan membantu bank wakaf mikro untuk menjadi salah satu penyedia pembiayaan syariah.


[Gambas:Video CNBC]

(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading