Jokowi Punya Mimpi RI Jadi Juara 1 Ekonomi Syariah Dunia

Syariah - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
10 December 2021 20:15
Jokowi di Kongres MUI (Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden)

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri Kongres Ekonomi Umat ke-2 Majelis Ulama Indonesia Tahun 2021, Jumat (10/12/2021). Dalam sambutannya, Jokowi memaparkan perkembangan ekonomi syariah di era kepemimpinannya.

Per 2014, posisi ekonomi syariah Indonesia berada di urutan ke-9. Dalam kurun waktu tujuh tahun, Indonesia naik menjadi peringkat keempat dunia.

"Perkiraan saya Insya Allah dalam 3-4 tahun ini akan masuk ke-2 atau ke-1, kalau growth, kalau pertumbuhannya seperti yang kita lihat sekarang, akan cepat sekali. Pasarnya masuk ke semua negara," ujar Jokowi.

"inilah saya kira, perkembangan ekonomi syariah kita dalam 6-7 tahun ini dan kita harapkan dengan jumlah penduduk terbesar, jumlah penduduk muslim terbesar di dunia sebesar 87% atau 207 juta jiwa, kita telah berkomitmen untuk menjadi pusat ekonomi syariah di tahun 2024 dan kita akan berusaha keras untuk itu," lanjutnya.

Jokowi memastikan akan mendorong pengembangan industri halal, keuangan syariah, hingga kewirausahaan syariah.

"Semuanya akan kita dorong karena memang kita ini adalah negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia dan ini saya ulang-ulang terus di mana-mana mengenai ini. Agar negara lain tahu bahwa Indonesia adalah negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia," katanya.



[Gambas:Video CNBC]

(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading