Cek Kurs Riyal Hari Ini, 1 Riyal = Rp 3.743

Syariah - Putu Agus Pransuamitra, CNBC Indonesia
11 December 2019 13:30
Cek Kurs Riyal Hari Ini, 1 Riyal = Rp 3.743
Jakarta, CNBC Indonesia - Nilai tukar riyal Arab Saudi (SAR) akhirnya menguat melawan rupiah pada perdagangan Rabu (11/12/2019) setelah melemah dalam empat hari beruntun. Meski demikian sepanjang bulan Desember, bahkan sepanjang tahun ini riyal masih tercatat melemah melawan Mata Uang Garuda.

Pada pukul 11:40 WIB SAR 1 setara dengan Rp 3.743, riyal menguat 0,24% di pasar spot, melansir data Refinitiv. 

Belakangan ini rupiah memang sedang perkasa setelah rilis beberapa data dari dalam negeri. Bank Indonesia (BI) merilis indeks keyakinan konsumen (IKK) bulan November yang mengalami kenaikan menjadi 124,2 dari bulan sebelumnya 118,4. Angka indeks di bulan November juga menjadi yang tertinggi dalam empat bulan terakhir.


Kemudian BI juga melaporkan cadangan devisa per akhir November sebesar US$ 126,6 miliar. Turun tipis dari posisi Oktober yaitu US$ 126,7 miliar. Penurunan tersebut masih lebih baik dari prediksi Trading Economics sebesar US$ 126,3 miliar.

Terbaru, Selasa kemarin BI melaporkan penjualan ritel di bulan Oktober yang tumbuh 3,6% year-on-year (YoY), jauh lebih tinggi dibandingkan pertumbuhan bulan Oktober 0,7%.

Sebelum hari ini, total dalam empat hari terakhir riyal dibuat melemah 0,7% oleh rupiah. Pelemahan tersebut terbilang signifikan melihat rata-rata pergerakan harian riyal di bawah 0,1% di tahun ini.



Penguatan tersebut terjadi bahkan ketika harga minyak mentah terus menguat, yang seharusnya mendongkrak kinerja riyal. Pada periode yang sama ketika riyal melemah empat hari beruntun, harga minyak mentah jenis Brent menguat 5,64%. Hal ini menunjukkan keperkasaan rupiah di hadapan riyal.

Kenaikan harga minyak mentah menjadi penting bagi Arab Saudi, dimana pertumbuhan ekonominya masih mengandalkan masih mengandalkan ekspor minyak mentah. Pada tahun 2017, perekonomian Negeri Raja Salman mengalami pukulan hebat, mengalami kontraksi dalam empat kuartal beruntun akibat rendahnya harga minyak mentah.

Meski menguat pada hari ini, tetapi sepanjang Desember riyal masih melemah 0,45% dan sepanjang tahun atau secara year to date melemah 2,2% melawan rupiah.

Berikut pergerakan riyal melawan rupiah (SAR/IDR) sepanjang bulan Desember.




TIM RISET CNBC INDONESIA 

(pap/pap)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading