Dua Jurus Ini Bisa Selamatkan Bank Muamalat

Syariah - Rahajeng Kusumo Hastuti, CNBC Indonesia
18 November 2019 20:47
Dua Jurus Ini Bisa Selamatkan Bank Muamalat
Jakarta, CNBC Indonesia- Pakar perbankan syariah M. Syafii Antonio menilai ada 2 langkah yang bisa dilakukan dalam rangka penyehatan PT Bank Muamalat Indonesia Tbk.

"Pertama memang harus selamatkan modal, kemudian bisnisnya," ujar Syafii kepada CNBC Indonesia, Senin (18/11/2019.

Menurutnya, bisnis Muamalat yang sudah telanjur macet harus dirapikan lagi. Sementara itu, aset Muamalat bisa dijual untuk memperkuat modal. "Banyak kok yang mau membeli aset dengan harga diskon," ujarnya.


Syafii mengatakan untuk langkah kedua Muamalat harus mencari bisnis yang baru dan bagus. Untuk itu, tuturnya, diperlukan dukungan dari induk usaha yang akan menjadi pemilik Muamalat berikutnya.




"Untuk mencari bisnis bagus dengan cepat adalah konsorsium dengan 'ayah' dan 'ibu' yang sudah besar. Itu yang paling cepat. Kalau analisa sendiri maka yang datang akan secondary class customer," jelasnya.

Saat ini adalah 3 opsi dalam penyehatan Muamalat. Opsi pertama adalah rights issue dengan menggandeng investor baru. Opsi kedua adalah sejumlah Bank BUMN akan membantu penyehatan Bank Muamalat. Ketiga adalah masuk dalam penyehatan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) dengan konsep bridge bank (BB) dan purchase and assumption (P&A).

(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading