Naik Rp 5 Juta, Jokowi Bayar Zakat Rp 55 Juta di 2019

Syariah - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
16 May 2019 15:36
Naik Rp 5 Juta, Jokowi Bayar Zakat Rp 55 Juta di 2019 Foto: Sekretariat Kabinet
Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali membayar zakat mal bersama para menteri dan sejumlah pemangku kepentingan terkait di Istana Negara, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (16/5/2019).

Seperti biasa dan sudah dilakukan dalam beberapa tahun terakhir, Jokowi membayar zakat melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) yang membuka pelayanan khusus di Istana Negara.

Tahun ini, Jokowi membayar zakat sebesar Rp 55 juta. Jumlah ini mengalami kenaikam dibandingkan zakat yang dibayarkan kepala negara pada tahun lalu sebesar Rp 50 juta.


"Saya mengajak para muzaki untuk memberikan zakat melalui Baznas supaya lebih aman, dan juga ada keteraturan," kata Jokowi saat memberikan sambutan.



Jokowi menekankan pentingnya zakat untuk menggerakkan pertumbuhan ekonomi, mengentaskan kemiskinan, hingga mendorong Indonesia menjadi pusat keuangan syariah dunia.

"Ke depan saya harapkan dalam pengumpulan zakat ini akan terintegrasi dengan digital dan zakat betul-betul bisa kita kerjakan dengan sistem yang lebih baik sehingga penyalurannya bisa berjalan efektif dan efisien," jelasnya.



Sebagai informasi, tak hanya Jokowi, sejumlah pejabat negara pun menyalurkan zakat melalui Baznas di Istana Negara.

Mulai dari Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, Menteri Pariwisata Arief Yahya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadi Muljono, hingga Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan Djalil.

Tak hanya itu, Ketua Mahkamah Konstitusi Anwar Usman, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Kepala Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) Kiagus Badaruddin hingga Ketua Dewan Pertimbangan Nasional Sri Adiningsih pun ikut membayar zakat di Istana.

Simak video terkait saham syariah di bawah ini.

[Gambas:Video CNBC] (miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading