Potensi Zakat Rp 252 T, Masuk Baznas Cuma Rp 8,1 T

Syariah - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
16 May 2019 15:33
Potensi Zakat Rp 252 T, Masuk Baznas Cuma Rp 8,1 T
Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali membayar zakat mal bersama para menteri dan sejumlah pemangku kepentingan terkait di Istana Negara, Kamis (16/5/2019).

Seperti biasa dan sudah dilakukan dalam beberapa tahun terakhir, Jokowi membayar zakat melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) yang membuka pelayanan khusus di Istana Negara.

Tahun ini, Jokowi membayar zakat sebesar Rp 55 juta. Jumlah ini mengalami kenaikan dibandingkan zakat yang dibayarkan kepala negara pada tahun lalu sebesar Rp 50 juta.



Saat memberikan sambutan, Jokowi menegaskan bahwa zakat berpotensi menjadi salah satu motor pertumbuhan ekonomi ke depan. Namun, potensi tersebut sampai saat ini belum bisa dimaksimalkan.

"Potensi zakat yang besar di Indonesia harus bisa kita maksimalkan. Tadi Ketua Baznas sudah menyampaikan ada potensi Rp 252 triliun dan baru bisa masuk ke Baznas Rp 8,1 triliun. Artinya masih ada potensi yang besar," kata Jokowi.

Jokowi menekankan pentingnya zakat untuk menggerakkan pertumbuhan ekonomi, mengentaskan kemiskinan, hingga mendorong Indonesia menjadi pusat keuangan syariah dunia.

"Ke depan saya harapkan dalam pengumpulan zakat ini akan terintegrasi dengan digital dan zakat betul-betul bisa kita kerjakan dengan sistem yang lebih baik sehingga penyalurannya bisa berjalan efektif dan efisien," jelasnya.

Saat meluncurkan Masterplan Ekonomi Syariah, Jokowi memang sempat berbicara mengenai potensi ekonomi syariah di Indonesia yang bisa menjadi salah satu motor penggerak perekonomian nasional.


Indonesia disebut memiliki peluang menjadi ekonomi terkuat keempat dunia pada 2025 meskipun dihadapkan pada sejumlah tantangan. Menurut Jokowi, ekonomi syariah global pada 2023 bisa mencapai US$ 3 triliun.

"Ini sebuah kekuatan besar yang harus kita lihat dan harus mulai kita pikirkan untuk mengambil kue perekonomian yang begitu besar," tegasnya.

Saksikan Video Besarnya Potensi Dana Zakat Nasional

[Gambas:Video CNBC]
(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading