Ini Terowongan Double Track Pertama RI, yang Bangun Anda Lho!

Syariah - Herdaru Purnomo, CNBC Indonesia
22 March 2019 10:26
Ini Terowongan Double Track Pertama RI, yang Bangun Anda Lho!
Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah telah menerbitkan sukuk ritel. Dana hasil penerbitan sukuk ritel ternyata telah digunakan untuk kegiatan investasi serta pengadaan proyek

Salah satunya adalah pembangunan terowongan Notog.

"Terowongan Notog dibangun dari investasi Anda melalui sukuk ritel. Terowongan ini adalah bagian dari pembangunan jalur ganda kereta api Cirebon-Kroya Segmen III dengan panjang 26,3 km," jelas Kemenkeu seperti dikutip Jumat (22/3/2019).


Terowongan yang bernilai Rp 1,45 triliun ini ternyata terowongan double track pertama di Indonesia. Selain itu, dikerjakan oleh tenaga ahli dan teknologi dalam negeri.

"Setelah 2 tahun menjalani masa konstruksi, Terowongan Notog Baru dan Kebasen Baru dibuka untuk lalu lintas kereta api."

Mulai Februari 2019, lalu lintas yang sebelumnya melewati jalur terowongan lama, dipindahkan ke terowongan baru. Terowongan ini diharapkan mampu mempersingkat waktu tempuh antara Purwokerto - Kroya. "Yang tentunya akan memperlancar roda perekonomian masyarakat."

Seperti diketahui, Sukuk Ritel dikelola berdasarkan prinsip syariah, tidak mengandung unsur maysir (judi) gharar (ketidakjelasan) dan riba (usury), serta telah dinyatakan sesuai syariah oleh Dewan Syariah Nasional - Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI).

Penerbitan Sukuk Ritel menggunakan struktur akad Ijarah - Asset to be Leased. Dana hasil penerbitan akan digunakan untuk kegiatan investasi berupa pembelian hak manfaat Barang Milik Negara untuk disewakan kepada Pemerintah serta pengadaan proyek untuk disewakan kepada Pemerintah. Imbalan berasal dari keuntungan hasil kegiatan investasi tersebut.

Berikut penampakannya :

Foto: Terowongan Notog (Kemenkeu)

Foto: Terowongan Notog (Kemenkeu)



(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading