Ilham Habibie Cs Selamatkan Muamalat Via Rights Issue Rp 2 T

Syariah - Monica Wareza, CNBC Indonesia
03 October 2018 14:31
Ilham Habibie Cs Selamatkan Muamalat Via Rights Issue Rp 2 T
Jakarta, CNBC IndonesiaBank Muamalat akan melakukan aksi korporasi rights issue untuk mendapatkan tambahan modal dan masuknya investor konsorsium yang dipimpin oleh Ilham Habibie Cs.

Untuk menyelenggarakan aksi korporasi dan masuknya investor baru ini, Bank Muamalat akan melakukan rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB) pada 11 Oktober 2018.

"Sebagai mana disampaikan dalam keterbukaan, 11 Oktober nanti akan RUPSLB. Salah satu [agendanya] persetujuan pelaksanaan rights issue disitu disebutkan jumlah saham yang akan diterbitkan 20 miliar lembar. harapannya paling [dana terkumpul] Rp 2 triliun yang akan menjadi suntikan dana segar," ujar komisaris Independen bank Muamalat Iggi H. Achsien di Jakarta, Rabu (3/10/2018).


Iggi menambahkan skema asset swap (tular guling aset) tidak dapat digunakan sebagai skema perbaikan neraca keuangan bank Muamalat karena sudah ditolak Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Adapun skema swap yang sudah terjadi akan disempurnakan dengan persetujuan OJK.

Komisaris Utama Bank Muamalat Ilham Habibie mengatakan melalui rights issue ini, konsorsium akan menjadi entitas pengendali Bank Muamalat.

"Berapa persisnya nanti akan dilihat setelah rights issue. Saya kata di atas 60%. Insya Allah akan arahnya lebih jelas," tambah Ilham Habibie.

Rights issue ini akan membuat porsi pemegang saham lama terdelusi. "Besarannya pastinya nanti. Sekarang IDB Kuwait miliki 30%," tambah Iggi.


(roy/dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading