Kenalkan Lenna, Robot Virtual untuk Bantu Hitung Zakat Anda

Syariah - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
11 June 2018 16:26
Kenalkan Lenna, Robot Virtual untuk Bantu Hitung Zakat Anda
Jakarta, CNBC Indonesia- Teknologi tak bisa dihindari di setiap sisi kehidupan manusia, termasuk untuk beramal atau berzakat. Untuk itu, lembaga penyalur zakat Baznas berinovasi dengan meluncurkan virtual assistant untuk memudahkan masyarakat jika ingin berzakat atau mencari info terkait zakat.

Baznas bekerjasama dengan PT Sinergi Digital Teknologi meluncurkan sebuah layanan virtual zakat (zakat virtual assistant) dengan perintah suara (voice command), bernama Lenna.




Peluncuran ini dilakukan untuk meningkatkan pelayanan agar muzaki (pemberi zakat) lebih mudah menunaikan zakat. Sedangkan Lenna merupakan inovasi terbaru yang melengkapi upaya Baznas dalam meningkatkan pelayanan pembayaran zakat melalui platform digital mengikuti selera dan kebiasaan masyarakat.

"Kini zakat juga memiliki virtual assistant yang dapat membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan-kebutuhan informasi mengenai zakat. Untuk itu demi memudakhkan Baznas meluncurkan sebuah layanan virtual zakat (zakat virtual assistant) dengan perintah suara (voice command), bernama Lenna," ujar Arifin Purwakananta kepada CNBC Indonesia.

Dia menuturkan bahwa Virtual Assistant yang pintar ini dapat menghitung kewajiban zakat yang harus dikeluarkan oleh muzaki sesuai dengan syariat Islam. Sehingga para muzaki ini tentu tidak perlu repot menghitung sendiri zakat yang harus dikeluarkannya.

"Untuk zakat profesi dan zakat maal, apabila harta yang dimiliki belum memenuhi nishab, maka akan diarahkan untuk berinfak atau sedekah," katanya.

Para muzaki dapat memilih metode pembayaran, yaitu dengan e-wallet saldo Lenna atau transfer melalui rekening bank. Sebagai bukti setor zakat, Baznas secara resmi akan mengeluarkan bukti pembayarannya yang sah secara hukum.

Selain itu, aplikasi ini juga memiliki fitur-fitur lain yang tidak hanya memberikan pelayanan dalam pembayaran zakat. Para penggunana juga dapat menanyakan berbagai informasi yang berkaitan dengan zakat.

Diantaranya seperti berapa kewajiban minimal berzakat, delapan golongan penerima zakat, sampai dalil yang mewajibkan untuk berzakat. Untuk menerapkan aplikasi ini, Anda bisa mengaksesnya diseluruh versi android dan akan tersedia untuk iOS selama 2 bulan kedepa

(gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading