Wimboh Santoso : Bank Wakaf Mikro Bakal Go Digital

Syariah - Exist In Exist, CNBC Indonesia
24 March 2018 12:00
Jakarta, CNBC Indonesia - Ketua Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) yang juga Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso mengungkapkan program kerja MES yang terbaru. Wimboh resmi menggantikan Muliaman Hadad dengan periode sampai 2018-2021.

"MES hadir dengan tantangan baru sehingga akan menciptakan penumpang-penumpang baru, masyarakat muslim yg tidak bisa diakses secara formal oleh lembaga keuangan," kata Wimboh di acara Pelantikan dan Rapat Kerja Masyarakat Ekonomi Syariah di Aula Plaza Mandiri, Sabtu (24/3/2018).

"Kami yakin dengan kita lakukan terobosan Bank Wakaf Mikro, nasabah yang merupakan masyarakat kecil akan terbantukan," imbuh Wimboh.


Wimboh secara khusus menyampaikan poin-poin yang nantinya jadi acuan bersama program kerja MES. Poin-poin tersebut di antaranya :
  • MES akan selalu berkontribusi aktif dalam pembinaan umat, salah satu platform yang sudah tersedia adalah platform Bank Wakaf Mikro melalui lembaga keuangan mikro syariah berbasis pesantren.
  • Pengembangan SDM melalui peningkatan kompetensi
  • Pembangunan dan penguatan institusi MES
  • Penyediaan dan pengembangan teknologi informasi
  • Pengembangan dan penyempurnaan organisasi MES
  • Peningkatan hubungan kelembagaan dan sinergitas

"Seluruh bank wakaf mikro ini akan terhubung dengan digital. Ada 40 yang segera kita hubungkan dengan digital jadi informasi-informasi bisa diketahui secara online, dan ini bisa diterapkan di lembaga keuangan syariah yang lain," papar Wimboh.

Ia optimistis, ke depan Indonesia bisa menjadi pusat ekonomi syariah di dunia. Sebelumnya, Ketua Dewan Pembina MES Ma'ruf Amin juga optimistis Indonesia bisa menjadi salah satu pusat keuangan syariah di dunia. Namun diperlukan banyak 'penumpang' agar industri syariah bisa terus berkembang.

Untuk diketahui, Bank Wakaf Mikro adalah lembaga keuangan mikro syariah yang fokus pada pembiayaan masyarakat kecil. Dana yang digunakan adalah murni dana donasi. Nantinya OJK akan bekerja sama dengan pesantren atau sekolah Islam untuk mendirikan Bank Wakaf Mikro guna menyalurkan pembiayaan di lingkungan pesantren.


(dru/dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading