CNBC Indonesia Awards 2021

Royke Tumilaar, Mendobrak Pasar Mancanegara

Profil - Tri Putra & Arif Gunawan, CNBC Indonesia
15 December 2021 09:49
Royke Tumilaar. Ist Foto: Royke Tumilaar. Ist

Royke sebagai nakhoda BNI juga fokus melakukan efisiensi dari sisi operasional. Hal ini tercermin dari rasio beban operasional terhadap pendapatan operasional (BOPO) yang kian sehat dengan turun menjadi 80,47% per September 2021 dari tahun lalu 88,99%.

Tidak heran, laba operasi tercatat melesat 62% menjadi yang tertinggi di bank sekelasnya, dan margin bunga bersih (net interest margin/NIM) naik dari 4,3% pada September 2020 menjadi 4,8% pada September 2021.

Di bawah kepemimpinan Royke, fungsi intermediasi BNI juga membaik. Hal ini dibuktikan dengan penyaluran kredit sebesar Rp 570,64 triliun pada 30 September 2021. Capaian itu tumbuh 3,17% secara tahunan, dan di atas pertumbuhan industri yang hanya 2,21%.

Penyaluran kredit untuk segmen business banking dan consumer banking pun mampu tumbuh masing-masing sebesar 3% dan 10% per September 2021. Sebagai informasi kedua segmen ini mendominasi portofolio kredit BNI dengan porsi lebih dari 65%.

Proses perbaikan yang signifikan dalam waktu singkat untuk sekelas bank besar seperti BNI tersebut tentu bukanlah hal yang mudah dilakukan. Namun Royke dengan rekam jejak dan pengalamannya yang panjang di industri perbankan memungkinkan itu semua dilakukan.

Atas kinerja BNI yang impresif tersebut, investor mengapresiasinya dengan kembali mengoleksi saham berkode BBNI tersebut. Kini, harga saham perseroan sudah pulih ke level pra-pandemi. Sejak Royke resmi menjabat sebagai Direktur Utama, harga saham BNI sudah naik 31,1%.

Kenaikan tersebut tergolong fantastis untuk bank dengan nilai kapitalisasi pasar yang besar seperti BNI. Bahkan return saham BNI jauh melampaui apresiasi saham bank kakap lain seperti BBCA, BBRI dan BMRI yang hanya 15-17% sejak September tahun lalu.

Sukses memperkuat kinerja BNI, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mempercayai Royke membawa BNI menjadi duta nasional di sektor keuangan global yakni sebagai bank referral (rujukan) dan koresponden utama bagi lembaga, investor, dan bank asing.

Sejauh ini, Erick memuji langkah Royke yang sudah membuka jalan bagi UMKM nasional untuk go global menembus pasar internasional melalui kantor cabangnya di Singapura, Hong Kong, Tokyo (Jepang), Seoul (Korea Selatan), London (Inggris), dan New York (Amerika Serikat/AS).

Melihat sepak-terjang dalam membalik kinerja BNI ke jalur positif di tahun transisi ini dan kuatnya kepercayaan pemegang saham atas expertise pengembangan bank menuju kancah internasional, CNBC Indonesia Awards 2021 menganugerahkan penghargaan Lifetime Achievement Award in Banking Industry kepada Royke Tumilaar.

Tim Riset CNBC Indonesia melakukan kajian terhadap rekam-jejak pada CEO bank yang memenuhi kriteria penilaian. Aspek penilaian meliputi konsistensi di industri perbankan, capaian yang dibukukan selama karirnya sebagai bankir, dan performa bank yang dipimpinnya tahun ini.

Proses penilaian dilakukan pada November melalui riset kualitatif berbasis data sekunder dari publikasi resmi perseroan, PT Bursa Efek Indonesia (BEI), dan media monitoring terhadap 10 media utama nasional.

TIM RISET CNBC INDONESIA


[Gambas:Video CNBC]

(ags/ags)
HALAMAN :
1 2
Artikel Selanjutnya

Hery Gunardi, Arsitek Merger Akbar

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading