CNBC Indonesia Awards 2021

Ridwan Kamil, Visi Memenangkan Investasi

Profil - Arif Gunawan & Tri Putra, CNBC Indonesia
15 December 2021 09:15
Gubernur Ridwan Kamil Luncurkan Petani Milenial Lebah Madu Foto: Dok Pemprov Jabar

Secara bersamaan, Kang Emil melakukan terobosan dalam menarik investor untuk menanamkan modalnya di Jabar. Dari sisi investasi, Jawa Barat menjadi destinasi favorit investor dengan realisasi investasi penanaman modal asing (PMA) sebesar Rp 44,27 triliun dan penanaman modal dalam negeri (PMDN) Rp72,46 triliun per semester I/2021.

Angka tersebut mencapai 56,9% dari target Kementerian Investasi (Badan Koordinasi Penanaman Modal/BKPM) senilai Rp 127 triliun pada 2021. Capaian investasi PMA di Jabar juga menjadi yang tertinggi di Indonesia, dengan total nilai US$ 1,6 miliar, yang tersebar di 1.987 proyek. DKI Jakarta berupaya mengejar dengan nilai US$ 962,4 juta di 3.925 proyek.

Untuk terus mendongkrak kinerja PMA, Kang Emil menyiapkan tujuh ekonomi baru pasca-Covid-19, yakni relokasi investasi dari Tiongkok, swasembada pangan, swasembada teknologi, bisnis kesehatan, inovasi digital, green business (ekonomi berkelanjutan), dan pariwisata lokal.

Rebana Metropolitan, kota metropolitan baru seluas 43.000 hektare disiapkan, yang terdiri dari 13 kota baru di kawasan Cirebon, Patimban, dan Majalengka (Rebana). Presiden Joko Widodo telah menyetujui Perpres kawasan Rebana dan menggelontorkan dana Rp 400 triliun untuk pembangunan 13 Kota Industri baru tersebut.

rebanaSumber: Pemprov Jabar

Konektivitas juga diperbaiki dengan pembangunan jalur tol Cisumdawu (Cileunyi, Sumedang dan Dawuan) yang akan diresmikan pada Desember 2021. Selain itu, pelabuhan Patimban juga terus digenjot, serta rel kereta api dari Subang ke Kertajati. Sebagaimana diketahui, infrastruktur jalan dan logistik merupakan syarat mutlak untuk menarik investasi.

Nantinya efek berantai dari program tersebut bakal sangat besar terhadap perekonomian nasional, dan akan menjadikan Jawa Barat menjadi tujuan investasi terbesar tidak hanya di Indonesia tapi di Asia Tenggara.

Ini merupakan visi yang melintasi sekat nomenklatur pemerintahan, dan menunjukkan tingginya kualitas Gubernur yang akrab dipanggil Kang Emil tersebut, sebagai pemimpin masa depan.

Semua capaian yang ditorehkan Jabar mulai dari pengendalian pandemi, pemulihan ekonomi, upaya untuk mendorong ekonomi digital yang inklusif tersebut berpeluang membuat Jabar menjadi primadona tujuan investasi di Indonesia.

Dengan mempertimbangkan capaian, visi, dan strategi di bidang ekonomi dan pengembangan investasi daerah, Ridwan Kamil terpilih menjadi pemenang penghargaan Visionary Leader in Investment Development di ajang CNBC Indonesia Awards 2021, mengalahkan pemimpin daerah lain. Kang Emil meraih skor 80 (dari 100).

Untuk mencapai penilaian tersebut, Tim Riset CNBC Indonesia melakukan kajian dan analisis terhadap pemimpin daerah yang memenuhikriteria. Proses penilaian dilakukan pada Oktober, melalui riset kualitatif berbasis data resmi pemerintah, dan media monitoring terhadap 10 media utamanasional.

TIM RISET CNBC INDONESIA


[Gambas:Video CNBC]

(ags/ags)
HALAMAN :
1 2
Artikel Selanjutnya

Hery Gunardi, Arsitek Merger Akbar

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading