Cerita Mahendra Siregar Soal Diplomasi Ekonomi Hingga Vaksin

Profil - Thea Fathanah Arbar, CNBC Indonesia
26 October 2020 06:10
Briefing Wamenlu RI Mahendra Siregar 17 Juli 2020. Ist

Jakarta, CNBC Indonesia - Wakil Menteri Luar Negeri Republik Indonesia Mahendra Siregar merupakan salah satu sosok yang komplet di antara para pejabat tinggi di tanah air. Betapa tidak, sejumlah amanah pernah diemban Mahendra, mulai dari wakil menteri perdagangan, wakil menteri keuangan, dan kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM). Ia juga pernah menjadi Duta Besar RI untuk Amerika Serikat (AS).

Namun, tak dapat dimungkiri, semua itu berawal dari Kementerian Luar Negeri (Kemlu), tempatnya bertugas saat ini.

"Mungkin kalau dilihat dari sejarahnya, betul (saya) mulai di Kementerian Luar Negeri. Tapi perjalanan keseluruhannya banyak berjalan di birokrasi pemerintah. Sebagian besar ada di kompartemen ekonomi. Walaupun saat ini kembali ke Kemlu, dan ditugaskan khusus untuk diplomasi ekonomi," ujar Mahendra dalam program IMPACT With Peter Gontha, Kamis (22/10/2020) lalu.



Lantas, jabatan apa yang paling berkesan bagi sosok Mahendra?

"Mungkin agak klise menjawabnya, tapi yang saya lihat justru karena ada di beberapa posisi tadi, sehingga pemahaman, cara pandang, dan juga konteksnya, saya berharap tentunya tidak mau menyombongkan diri, menjadi lebih lengkap dan relevan untuk konteks yang makin kompleks, saya rasa begitu," katanya.

Selain berbicara perihal diplomasi ekonomi yang menjadi fokus penugasannya, Mahendra juga menceritakan soal banyak hal, mulai dari investasi, ASEAN, isu Palestina hingga perburuan Indonesia memperoleh vaksin Covid-19. Berikut adalah petikannya:


Kawal investasi asing, lawan kampanye negatif
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2 3 4
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading