Special Interview

Hanya Tiga Startup Besar yang Bertahan di Industri Digital

Profil - Roy Franedya & Shuliya Ratanavara, CNBC Indonesia
07 February 2018 09:49
Incar Fintech dan Logistik

Incar Fintech dan Logistik

Terkait bisnis Kejora Ventures, sudah menyuntikkan modal kemana saja?

Portfolio kami dibagi dua. Separuh itu keluaran dari Ideabox. Ideabox itu joint venture dengan Indosat. Kembangkan startup berkaitan dengan telekomunikasi seperti aplikasi mobile. Separuhnya lagi ada sekitar belasan startup sendiri.

Pada 2017 hingga 2018, Kejora lebih banyak fokus di fintech dan logistik. Kejora baru announce kita punya dana sampai Desember 2017 itu US$ 100 juta. Berarti kita bisa investasi sekitar US$ 3 juta-US$ 5 juta per startup. 


Kalau dulu banyak cari perusahaan yang muda-muda kita bangun sampe jadi. Itu perlu waktu yang agak lama. Sekarang dengan dana yang besar ini kita cari perusahaan yang sudah setengah jalan kami suntikkan dana, kami besarkan lagi. Ini yang kita kerjakan. 

Kami lihat kebutuhan industri seperti apa. Sekarang e-commerce sudah ramai sekali. Untuk berjalan dengan lebih baik mereka butuh fintech dan logistik. Kalau tidak ada kedua ini tidak akan beres.

Kalau Kejora menentukan sebuah startup disuntikan dana kategorinya seperti apa?

Tiap tahun itu kita bisa lihat antara 800-1000 perusahaan untuk direview. Paling yang kita suntikkan dana sekitar 10 startup. Kami mempertimbangkan kondisi industri, trennya seperti apa. Kalau turun tentu kami tidak masuk.

Kami juga lihat tim manajemen, kuat atau tidak. Mengerti bidang yang dikembangkan atau tidak. Mereka bisa eksekusi idenya atau tidak. Terakhir dilihat apakah Kejora Ventures bisa berkontribusi atau tidak.

Berapa lama jangka waktu investasinya?

Tergantung, ada yang cepat Cuma sebulan dua bulan selesai. Ada yang enam bulan. Ada perusahaan yang dari awal kita lihat bagus tapi dia belum mau terima dana. Kita harus sabar tunggu sampai saatnya. Ada perusahaan yang belum mau terima dana tapi kita bisa kasih nilai tambah akhirnya mereka mau. Jadi ini memang hubungannya harus personal.
(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading