Melinda Gates Ikut Danai Startup Perempuan

Entrepreneur - Roy Franedya, CNBC Indonesia
24 January 2018 18:44
Aspect Ventures mendapatkan dana sebesar US$181 juta atau setara Rp 2,41 triliun.
Jakarta, CNBC Indonesia — Melinda Gates, seorang filantropis asal Amerika Serikat (AS), menunjukkan keberpihakannya pada pengusaha perempuan. Istri pendiri Microsoft, Bill Gates, ini menjadi salah satu donatur di Modal Ventura Aspect Ventures.

Aspect Ventures merupakan modal ventura yang didirikan oleh perempuan. Theresia Gouw dan Jennifer Fonstad mendirikan perusahaan ini pada 2014 silam.

Dalam pengumuman resmi perusahaan, seperti dilansir AFP pada Selasa (23/1/2018), disebutkan perusahaan telah mendapat suntikan dana dari beberapa investor kakap, salah satunya Melinda Gates. Para investor ini menginvestasikan dana sebesar US$181 juta atau setara dengan Rp 2,41 triliun yang akan disalurkan pada perusahaan rintisan (startup) permulaan.


Dana segar ini rencananya akan digunakan untuk investasi pada beberapa perusahaan, seperti ForeScout, perusahaan keamanan siber yang go public pada bulan Oktober, atau Cato Networks, startup yang mendesain marketplace dan layanan keamanan siber toko online.


Di AS, pria masih mendominasi industri modal ventura. Menurut perusahaan konsultan Pitchbook, hanya 11% modal ventura yang dikendalikan perempuan. Tahun lalu, hanya 2,2% dari total dana tunai industri ini yang disumbang modal ventura milik perempuan. 

Aspect Ventures yang memiliki lima orang tim investasi ini menyatakan saat ini 40% pekerjanya beserta pendirinya adalah wanita. Jumlah pekerjaan wanita ini di atas rata-rata industri, di mana 30% pekerjanya merupakan imigran generasi pertama.

"Kami melihat tim yang sangat beragam di tengah teknologi yang berkembang pesat,” ujar Gouw.

(prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading