CNBC Indonesia Research

Jadi Komoditas Politik & Ekonomi, RI Sulit Hapus Subsidi BBM

News - Maesaroh, CNBC Indonesia
23 November 2022 13:05
Suasana pengisian BBM di SPBU Pertamina di kawasan Jakarta Selatan, Kamis (6/9/2022). (CNBC Indonesia/ Andrean Kristianto) Foto: Suasana pengisian BBM di SPBU Pertamina di kawasan Jakarta Selatan, Kamis (6/9/2022). (CNBC Indonesia/ Andrean Kristianto)

2. Konverter Kit

Program konverter kit digalakkan sejak 2012 tetapi masih jalan di tempat pada 2014. Padahal, anggaran yang sudah dialokasikan pada 2012 dan 2013 masing-masing sebesar Rp 250 miliar dan pada 2014 mencapai Rp 3 triliun.

Program sempat jalan di tempat karena macetnya pengadaan konverter kit menyusul perselisihan antara Kementerian ESDM dan Kementerian Perindustrian terkait pengadaan.

Program konverter kit dilakukan dengan membagikan alat konverter yang mengubah mesin berbahan BBM menjadi bahan bakar gas (BBG). Alat tersebut sudah dibagikan kepada nelayan ataupun petani.

Program konverter kita saat ini masih berjalan. Targetnya bukan hanya konversi gas tetapi juga konversi BBM ke listrik.

3. Survey Card

Pemerintah memperkenalkan Survey Card di Kota Batam, Tarakan, Bintan dan Pangkal Pinang untuk membatasi penjualan solar bersubsidi pada 2014.
Mereka yang hendak membeli Solar subsidi harus mendaftarkan kendaraannya. Pembelian dibatasi kuotanya per hari dan per bulan.

Badan Kebijakan Fiskal (BKF) dalam Kajian Mekanisme Kebijakan Subsidi BBM yang Lebih Tepat Sasaran program tersebut mampu menekan konsumsi Solar bersubsidi serta sebaliknya meningkatkan penjualan solar non bersubsidi. Program tersebut juga dinilai mampu menghilangkan mobil pelangsir.

Terdapat juga penghematan biaya subsidi Bio Solar sebesar 151 kilo liter per hari atau sebesar Rp 330 miliar per tahun

Kelemahan kartu ini adalah masih menggunakan kertas karton sehingga mudah rusak.

4. Fuel Card

Fuel Card diperkenalkan di Batam untuk membatasi solar bersubsidi pada November 2014. Berbeda dengan Survey card, Fuel Card menggandeng pihak BUMN Bank Rakyat Indonesia. Sama dengan Survey Card, Fuel Card juga mewajibkan pemilik mendaftarkan kendaraannya terlebih dahulu. Kartu ini memiliki kelebihan yaitu bisa digunakan sebagai alat pembayaran.

Namun, kartu ini memiliki sejumlah kekurangan seperti kendala top up serta double-checking settlement yang kerap merepotkan petugas SPBU.

Pertamina bekerja sama dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan serta Bank BRI pada akhir 2014 juga meluncurkan Fuel Card untuk penyaluran Solar bersubsidi nelayan Cilincing, Jakarta Utara.

TIM RISET CNBC INDONESIA


[Gambas:Video CNBC]

(mae)
HALAMAN :
1 2 3 4
Artikel Selanjutnya

Jika Harga BBM Pertalite Tidak Naik, APBN Jebol Parah?

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading