Jakarta Darurat Macet

Soal Jam Kerja Siang-Malam, Begini Respons Bos Pengusaha

News - Ferry Sandi, CNBC Indonesia
08 August 2022 18:35
Sejumlah kendaraan berjalan perlahan saat terjebak macet di tol dalam kota, Jakarta, Selasa (26/4/2022). (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto) Foto: Sejumlah kendaraan berjalan perlahan saat terjebak macet di tol dalam kota, Jakarta, Selasa (26/4/2022). (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)

Jakarta, CNBC Indonesia - Rencana Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya yang mengusulkan sistem jam kerja siang terus digodok. Setidaknya kepolisian telah mengadakan dua kali rapat dengan pihak terkait untuk membahas rencana aturan ini, yakni pada Senin serta dilanjutkan Jumat pekan lalu.

Wakil Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) DKI Jakarta Nurjaman yang ikut dalam rapat tersebut menerangkan bahwa rencana ini masih harus dipersiapkan secara matang.

"Polda Metro Dirlantas baru membahas langkah-langkah apa, niatan dari Dirlantas Polda Metro Jaya untuk urai kemacetan di Jakarta, kami apresiasi bagus untuk cari solusi terbaik, tapi belum ada kelanjutannya seperti apa," katanya kepada CNBC Indonesia, Senin (8/8/22).

Pemprov DKI selaku pemerintah daerah yang berwenang juga harus memetakan terlebih dahulu, utamanya sebelum resmi menerapkan aturan resmi yang berlaku.

"Dalam pemeriksaan kemarin, akan dilakukan dulu mapping, semacam FGD. Karena semua regulasi ada di pemerintah daerah, menyikapinya seperti apa," ujar dia.

Pelaku usaha menyambut baik rencana itu, namun ada beberapa catatan yang perlu menjadi perhatian. Pelaku usaha enggan jika aturan baru ini justru membuat produktivitas karyawan justru menurun.

"Plus minus, risikonya ada. Tentu ada hal-hal yang dipertimbangkan, dengan nggak mengurangi jam kerja, 7 jam nggak jadi 5 jam," sebut Nurjaman.

Selain itu, faktor keamanan karyawan juga menjadi hal utama yang perlu menjadi pertimbangan.

"Terkait transportasi, keamanan karyawan, keselamatan karyawan pulang malam gimana? Karena karyawan kita banyak dari Bekasi, Depok, Tangerang Bogor. Jadi gimana nih apa 24 jam siap jangan sampe ada hal yang ga diharapkan," pungkasnya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Bukan Lembur, Pekerja DKI Siap-siap Pulang Kerja Lebih Malam


(dce)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading