Internasional

China Umumkan Kemenangan Melawan Covid, RI Kapan?

News - Emir Yanwardhana, CNBC Indonesia
25 June 2022 17:15
Residents wearing masks visit Yu Garden Mall, Thursday, June 2, 2022, in Shanghai. Traffic, pedestrians and joggers reappeared on the streets of Shanghai on Wednesday as China's largest city began returning to normalcy amid the easing of a strict two-month COVID-19 lockdown that has drawn unusual protests over its heavy-handed implementation. (AP Photo/Ng Han Guan)

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintahan Beijing, China, sudah mengizinkan sekolah dasar dan menengah untuk melanjutkan tatap muka. Begitu juga dengan Shanghai yang telah menyatakan kemenangan atas Covid-19 setelah melaporkan kasus lokal nol untuk pertama kalinya.

Melansir Reuters Sabtu (25/6/2022), Kemenangan ini merupakan upaya dari kepatuhan China terhadap kebijakan nol-Covid yang telah menurunkan jumlah kasus, meski kebijakan itu telah memicu kemarahan dan protes keras dari banyak pihak.

Beijing menutup sekolahnya pada awal Mei dan meminta siswa untuk beralih ke pembelajaran online ditengah lonjakan kasus yang ditularkan secara lokal. Selanjutnya siswa senior kelas menengah dan atas akhirnya diizinkan kembali bertatap muka pada 2 Juni lalu.


Pada Sabtu, (25/6/2022) jumlah kasus di Negeri Tirai Bambu cenderung sudah lebih rendah dalam beberapa hari terakhir. Komisi pendidikan ibu kota menyatakan semua sekolah dasar dan menengah di ibu kota dapat kembali melakukan tatap muka mulai Senin depan.

Adapun, untuk taman kanak-kanak akan kembali diizinkan kembali dibuka pada 4 Juli 2022 mendatang.

Biro olahraga kota Beijing mengatakan secara terpisah kegiatan olahraga juga dapat dilanjutkan di lokasi non-sekolah pada 27 Juni 2022. Namun terbatas di daerah di mana tidak ada kasus baru yang dilaporkan selama tujuh hari berturut-turut.

Lokasi tempat olahraga yang berada di basement atau ruang tertutup pun masih ditutup.

Sementara itu, Shanghai melaporkan tidak ada kasus lokal baru yang bergejala maupun tidak bergejala.

Ketua Partai Komunis Shanghai Li Qiang mengatakan pada pembukaan di kongres partai kota hari Sabtu bahwa pihak berwenang telah memenangkan perang terhadap Covid-19. Hal itu dicapai dengan menerapkan instruksi Presiden China Xi Jinping bahwa keputusan kebijakan pencegahan epidemi Beijing sepenuhnya benar.

Namun, sebagian besar wilayah Shanghai masih belum melanjutkan kelas tatap muka dan makan dalam ruangan masih dilarang. Dia juga berencana untuk terus melakukan pengujian PCR masal untuk 25 juta penduduknya setiap akhir pekan hingga akhir Juli.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Covid-19 China Menggila Lagi, Vaksinasi Biang Keladinya?


(luc/luc)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading