Ini Daftar Negara Penghasil Emas Terbesar, RI ke Berapa?

News - Khoirul Anam, CNBC Indonesia
12 June 2022 15:15
Berlimpah 'harta karun', 5 Pulau yang paling banyak Simpan emas RI

Jakarta, CNBC Indonesia - Indonesia memiliki berbagai sumber daya alam, termasuk emas. Emas juga menjadi salah satu komoditas andalan RI.

Selain karena tren harganya yang terus meningkat, emas juga menjadi sumber investasi masyarakat dalam jangka panjang.


Meski Indonesia memproduksi emas besar dari tambang tembaga PT Freeport Indonesia di Papua. Selain PTFI, ada juga PT Kelian Equatorial Mining, PT Prima Lirang, PT Indomoro Kencana, PT Monterado Mas, PT Ampalit Mas Perdana, PT Lusang Mining, dan PT Aneka Tambang.

Namun bukan berarti Indonesia menjadi pemilik cadangan emas terbesar dunia. Dikutip dari World Gold Council (WGC) dan Forbes, berikut daftar 12 negara penghasil emas terbesar di dunia per Juni 2021:

1. China

Negara Xi Jin Ping menyumbang emas sekitar 11% dari total produksi secara global. Posisi China di peringkat pertama belum tergeser selama empat tahun berturut-turut meski mengalami penurunan produksi emas dari 383 ton menjadi 368,3 ton dari tahun lalu.

Turunnya jumlah penghasilan emas di China disebabkan oleh kebijakan terkait lingkungan yang lebih ketat dari pemerintah.

2. Rusia

Negara penghasil emas terbesar di dunia selanjutnya adalah Rusia. Negara Vladimir Putin ini melampaui Australia sebagai penghasil terbesar emas kedua di dunia pada 2019 lalu.

Pembeli emas terbesar di Rusia adalah pemerintah, yang diketahui membeli sekitar dua pertiga dari seluruh emas yang dihasilkan secara lokal. Rusia mampu menghasilkan emas sebanyak 331,1 ton

3. Australia

Australia yang sebelumnya berada di peringkat kedua saat ini menempati posisi ketiga sebagai negara dengan penghasil emas terbesar di dunia yakni sebesar 327,8 ton. Meski tak lagi di peringkat kedua, penghasilan emas di Australia terus mengalami peningkatan selama delapan tahun berturut-turut.

Infografis: 10 Negara dengan  Cadangan Emas TerbesarFoto: Infografis/ 10 Negara dengan Cadangan Emas Terbesar /Aristya Rahadian Krisabella

Diketahui bahwa industri mineral Australia menghasilkan lebih dari setengah total ekspor dan menghasilkan sekitar delapan persen dari Produk Domestik Bruto (PDB). Peningkatan penghasilan emas itu karena beberapa tambang melakukan peningkatan proyek, seperti di Mount Morgans dan Cadia Valley.

4. Amerika Serikat (AS)

Pada 2021, AS mengalami penurunan penghasilan emas hingga di bawah 200 ton untuk pertama kalinya selama beberapa tahun. Adapun penurunan tersebut terjadi mulai 2019.

Negara Paman Sam ini mampu menghasilkan emas 190,2 ton. Di mana Nevada menjadi wilayah penyumbang emas terbesar di AS yakni mencapai 80%.

5. Kanada

Canadian Malartic menjadi tambang emas terbesar di Kanada yang dimiliki oleh Yamana Gold dan Agnico Eagle. Tambang tersebut diketahui bertanggung jawab untuk memproduksi lebih dari 16 ton emas pada tahun lalu.

Kanada berada di posisi lima dengan menghasilkan emas sebesar 170,6 ton meski mengalami penurunan sebanyak 12% pada 2020 daripada tahun sebelumnya.

6. Ghana

Posisi enam negara penghasil emas terbesar di dunia adalah Ghana yang mencapai 138,7 ton. Ghana menjadi negara di Afrika yang menghasilkan emas terbesar.

Negara ini juga dikenal sebagai daerah yang memiliki cadangan berbagai mineral industri.

7. Brasil

Setelah pada 2019 berada di posisi sepuluh, saat ini Brasil menempati peringkat tujuh sebagai negara penghasil emas terbesar. Brasil sukses meningkatkan output emas dalam tiga tahun berturut-turut.

FILE PHOTO: Trucks are parked at the open-pit mine of PT Freeport's Grasberg copper and gold mine complex near Timika, in the eastern region of Papua, Indonesia on September 19, 2015 in this file photo taken by Antara Foto.   REUTERS/Muhammad Adimaja/Antara FotoATTENTION EDITORS - THIS IMAGE HAS BEEN SUPPLIED BY A THIRD PARTY. IT IS DISTRIBUTED, EXACTLY AS RECEIVED BY REUTERS, AS A SERVICE TO CLIENTS. FOR EDITORIAL USE ONLY. NOT FOR SALE FOR MARKETING OR ADVERTISING CAMPAIGNS MANDATORY CREDIT. INDONESIA OUT. NO COMMERCIAL OR EDITORIAL SALES IN INDONESIA./File PhotoFoto: Truk diparkir di tambang terbuka kompleks tambang tembaga dan emas Grasberg PT Freeport dekat Timika, di wilayah timur Papua, Indonesia (19/9/2015). (REUTERS/Muhammad Adimaja/Antara Foto)

Saat ini negara Jair Bolsonaro ini menghasilkan emas sebanyak 107 ton.

8. Uzbekistan

Uzbekistan secara signifikan mampu meningkatkan penghasilan emasnya dari tahun lalu, yang berjumlah 94,6 ton, menjadi 101,6 ton pada 2019. Negara di Asia Tengah ini pun masuk daftar negara penghasil emas terbesar di dunia peringkat delapan.

Uzbekistan merupakan rumah dari Muruntau yaitu tambang emas terbuka terbesar di dunia berdasarkan wilayah.

9. Meksiko

Meksiko juga dinilai sebagai tempat yang menarik untuk pertambangan karena biaya regulasi yang relatif rendah. Negara ini berada di peringkat sembilan sebagai negara penghasil emas terbesar.

Adapun Meksiko mampu menghasilkan emas 101,6 ton. Meksiko mengalami penurunan produksi emas, Meksiko tetap menjadi masuk daftar sepuluh besar dunia.

10. Indonesia

Indonesia menjadi negara penghasil emas terbesar dunia di peringkat sepuluh dengan produksi mencapai 100,9 ton. Indonesia dikenal sebagai rumah untuk tambang emas terbesar kedua di dunia, Grasberg yang dioperasikan PT Freeport Indonesia.

Selain itu, Indonesia diketahui bertanggung jawab untuk menambang sekitar 3% emas untuk pasokan global.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

7 Pulau dengan Harta Karun Emas Terbesar RI, Ada Miliaran Ton


(cha/cha)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading