Kejaksaan Periksa 30 Saksi Kasus Dugaan Korupsi Minyak Goreng

News - Emir Yanwardhana, CNBC Indonesia
22 April 2022 13:30
Infografis: Fakta-Fakta Terungkapnya Tersangka Kasus Minyak Goreng

Jakarta, CNBC Indonesia - Tim Penyidik Kejaksaan Agung telah memeriksa 30 orang saksi terkait kasus dugaan korupsi minyak goreng. Selain telah terlebih dahulu melanjutkan pemeriksaan atas 4 orang tersangka yang sudah ditetapkan.

Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Khusus (Jampidsus) Febri Adriansyah mengatakan, untuk kasus ini, selain menggunakan ketentuan terkait perdagangan, pihaknya menjatuhkan dugaan sesuai pasal 2 dan 3 Undang-undang Tindak Pidana Korupsi.

"Kami sudah memeriksa 30 saksi dan menggeledah 10 tempat. Juga 7 saksi ahli karena kualifikasi ini dinaikkan jadi penyidikan adlah karena kerugian ekonomi bagi negara," kata Febri saat jumpa pers virtual Perkembangan Penanganan Kasus Minyak Goreng, Jumat (22/4//2022).


Geger! Dirjen Kemandag Inisial IWW Tersangka Mafia Migor (CNBC Indonesia TV)Foto: Geger! Dirjen Kemandag Inisial IWW Tersangka Mafia Migor (CNBC Indonesia TV)
Geger! Dirjen Kemandag Inisial IWW Tersangka Mafia Migor (CNBC Indonesia TV)

Selain itu dia menambahkan, pihaknya telah memeriksa 650 dokumen, terutama konsentrasi di barang elektronik.

"Ini memperkuat adanya dugaan kerja sama para tersangka. Tapi karena ini masih penyidikan tidak bsia diungkapkan percakapannya seperti apa," ujar dia.

Menurut Febri, penyidikan atas kasus ini dilakukan sejak 4 April 2022. Menyusul terjadinya kelangkaan minyak goreng di dalam negeri sejak akhir 2021. Terutama di bulan Januari hingga Maret 2022.

Febri menambahkan, pemeriksaan tidak akan terhenti di 30 orang tersebut, tergantung pada temuan fakta lapangan.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

4 Orang Tersangka Gaibnya Minyak Goreng, Korban atau Maling?


(dce/dce)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading