Keniscayaan, Luhut: 2030 Jalanan RI Penuh Kendaraan Listrik

News - Lalu Rahadian, CNBC Indonesia
24 February 2022 09:19
Luhut Binsar Pandjaitan dalam acara Energy Outlook 2022 (Tangkapan layar CNBC TV)

Jakarta, CNBC Indonesia - Dominasi kendaraan listrik di jalanan Indonesia diprediksi akan segera terwujud. Alasannya, pada 2030 jumlah penggunaan mobil listrik diprediksi sudah mencapai 2 juta unit.

Pada saat yang sama, penggunaan motor listrik di Indonesia diperkirakan bisa menembus angka 13 juta. Estimasi ini disampaikan Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan di acara Energy Outlook 2022 CNBC Indonesia, Kamis (23/2/2022).

"Pada 2030 diharapkan penggunaan listrik sudah mencapai 2 juta mobil listrik dan 13 juta motor listrik," kata Luhut.


Dia menyebut target penggunaan mobil dan motor listrik ini termuat dalam National Determined Contribution (NDC) Indonesia. NDC merupakan dokumen yang mengurai upaya transisi energi Indonesia menuju emisi rendah dan demi menciptakan iklim yang sehat.

Luhut mengatakan penggunaan kendaraan listrik berbasis baterai akan mendukung upaya Indonesia menurunkan emisi rumah kaca. Selain itu, penggunaan kendaraan listrik diharap bisa mengurangi beban impor BBM negara.

"Salah satu alasan pemerintah mendorong pemanfaatan kendaraan bermotor listrik berbasis baterai adalah, karena pemerintahan sedang berupaya mengembangkan manufaktur baterai berskala besar yang dengan memanfaatkan sumber daya mineral yang kita miliki, dan dilarang ekspornya untuk dimanfaatkan nilai tambahnya di dalam negeri," katanya.

Sebelumnya, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif menyebut pemerintah punya target 400 ribu mobil listrik dan 1,7 juta motor listrik dapat beroperasi dalam kurun 2021 - 2025. Dia menyebut target ini adalah wujud upaya pemerintah melakukan transisi energi hingga akhirnya bisa mencapai netral karbon atau net zero emission pada 2060.

Arifin menyebut target yang sama dengan paparan Luhut untuk penggunaan kendaraan listrik pada 2030. Kemudian, pemerintah berharap penggunaan kendaraan listrik naik lagi menjadi 5,7 juta unit mobil listrik dan 46,3 juta motor listrik pada 2035.

Pada 2040, pemakaian mobil listrik ditargetkan naik menjadi 12,3 juta unit dan motor listrik sampai 105 juta unit. Kemudian, pada 2050 naik menjadi 38,2 juta unit mobil listrik dan 205 juta unit motor listrik.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

'Kiamat' PLTU Batu Bara, Luhut: Bertahap Sampai 2060


(rah/rah)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading