Simak! Ini Dia Deretan Penyesuaian PPKM Level 3 se-Indonesia

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
15 February 2022 09:20
Infografis/ Bukan PPKM Level 4 lagi, ini Aturan Lengkap PPKM Level 3 07 September 2021/Aristya Rahadian

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah memutuskan untuk kembali memperpanjang masa pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) se-Indonesia, terhitung mulai hari ini Selasa (15/2/2022).

Keputusan tersebut dituangkan dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) 10/2022 tentang PPKM Jawa-Bali, seperti dikutip CNBC Indonesia, Selasa (15/2/2022).

PPKM Jawa-Bali diperpanjang hingga sepekan ke depan hingga 21 Februari. Sementara itu, PPKM non Jawa-Bali diperpanjang selama dua pekan hingga 28 Februari 2022 mendatang.


Dalam aturan Inmendagri kali ini, pemerintah melakukan sejumlah penyesuaian baik PPKM Jawa-Bali maupun PPKM non Jawa-Bali. Berikut rinciannya, seperti disampaikan Dirjen Bina Administrasi Kewilayahan Safrizal ZA:

PPKM Jawa-Bali

- Pada daerah PPKM Level 3, kegiatan perkantoran dapat dilaksanakan dengan maksimal 50% WFO bagi pegawai yang sudah divaksin.

- Pengaturan maksimal 50% juga berlaku untuk tempat bermain anak di dalam mall, gym dan tempat umum seperti sanggar seni dan budaya, tempat olahraga dan sosial masyarakat.

- Untuk daerah pada PPKM Level 2, seluruh pembatasan di Level 3 diberikan kelonggaran dengan maksimal 75%, sedangkan untuk daerah pada PPKM Level 1 dapat beroperasi 100%.

- Terdapat penambahan pintu masuk udara yaitu Bandara Zainuddin Abdul Madjid di NTB. Selain itu, penambahan juga dilakukan di pintu masuk laut di Tanjung Benoa Bali, Batam dan Tanjung Pinang Kepulauan Riau, dan Nunukan Kalimantan Utara. khusus untuk Tanjung Benoa di Provinsi Bali dapat menggunakan kapal pesiar (cruise) dan kapal layar (yacht) serta penambahan pintu masuk darat di PLBN Aruk dan Entikong di Kalimantan Barat, dan Motaain NTT.

- Juga dilakukan pengaturan terkait layanan pergantian dan pemulangan bagi awak kapal WNA atau awak kapal WNI pada kapal berbendera asing yang dapat dilakukan di Pelabuhan Belawan, Tanjung Balai Karimun (Pulau Nipah dan Tg. Balai Karimun), Batam (Pulau Galang, Batu Ampar, dan Kabil), Merak, Tj. Priok, Tj. Perak, Makassar, Benoa, Sorong, Ambon, dan Bitung.

PPKM Non Jawa-Bali

- Pada daerah dengan status PPKM Level 3, untuk kegiatan perkantoran dapat dilaksanakan dengan kapasitas WFO 50%. Berlaku juga untuk restoran/rumah makan, kafe, pusat perbelanjaan, gym, dan bioskop dapat buka dari pukul 10.00 s.d. 21.00 dengan kapasitas 50%.

- Sedangkan untuk daerah dengan status PPKM Level 2, kegiatan dapat berjalan dengan kapasitas 75%, dan pada daerah dengan status PPKM Level 1 dapat beroperasi penuh 100%.

- Pada pemberlakuan PPKM wilayah Non Jawa Bali kali ini anak-anak pada usia 6 s.d 12 Tahun sudah dapat diperbolehkan beraktivitas di tempat umum dengan pendampingan orang tua dan telah divaksin minimal dosis pertama.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Masih Ada 4 Wilayah Jawa Bali Berstatus PPKM Level 3


(cha/cha)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading