Suku Bunga Deposito Terus Turun, LPS Berikan Buktinya!

News - Monica Ramadhona Wareza, CNBC Indonesia
02 February 2022 10:10
Ketua Dewan Komisoner LPS, Purbaya Yudhi Sadewa

Jakarta, CNBC Indonesia - Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) mencatat transmisi penurunan suku bunga simpanan turut berdampak pada penurunan tingkat suku bunga deposito di perbankan nasional.

Hal tersebut dikemukakan Ketua Dewan Komisioner LPS Purbaya Sadewa dalam konferensi pers Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) dalam konferensi pers, Rabu (2/2/2022).

"Suku bunga deposito 1 bulan dan 3 bulan terpantau telah mengalami penurunan," kata Purbaya.


Berdasarkan catatan LPS, suku bunga deposito satu bulan mengalami penurunan hingga 159 basis poin (bps). Sementara untuk suku bunga deposito 3 bulan turun 123 bps.

Purbaya mengatakan sepanjang tahun lalu LPS telah menurunkan tingkat suku bunga pinjaman pada level terendah sejak organisasi tersebut berdiri pada 2004 lalu.

LPS menurunkan suku bunga pinjaman dalam rupiah di bank umum dan Bank Pengkreditan Rakyat (BPR) sebesar 100 bps, sementara suku bunga simpanan dalam valuta asing juga diturunkan hingga 75 bps.

"Penurunan ini diharapkan dapat mendukung proses pemulihan ekonomi dan peningkatan kredit perbankan ke berbagai sektor ekonomi," tegas Purbaya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Mau Nabung Aman, Ingat Tips 3T


(cha/cha)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading