Ini Penampakan Harta Karun Soekarno di Sarinah Usai Restorasi

News - redaksi, CNBC Indonesia
31 January 2022 06:35
Menteri BUMN Erick Thohir saat melihat relief tersembunyi di Gedung Sarinah. (Dok Kementerian BUMN).

Jakarta, CNBC Indonesia - Renovasi gedung Sarinah hampir selesai! Demikian caption unggahan Menteri BUMN Erick Thohir di akun Instagram miliknya. Erick mengunggah 6 foto wajah baru Sarinah yang tengah bersolek.

"Siapa yang nggak sabar menunggu wajah baru @/sarinahindonesia?" lanjut Erick dalam caption unggahannya. Tampak, Erick berfoto di depan gedung Sarinah.

Dan, foto berikutnya, Erick berdiri memerkan wajah baru harta karun Soekarno kini. Ya! Harta karun berupa relief, yang selama ini tersembunyi di lantai dasar mal tertua di Indonesia itu.

Relief itu disebut sebagai peninggalan masa pemerintahan Presiden Soekarno. Juga, relief ini dibangun atas perintah Presiden RI pertama itu, sebagai simbol keberpihakan atas ekonomi rakyat.

Menteri BUMN Erick Thohir  (Instagram Erick Thohir)Foto: Menteri BUMN Erick Thohir (Instagram Erick Thohir)
Menteri BUMN Erick Thohir (Instagram Erick Thohir)


Seiring waktu, karya seni itu "terkubur" di lantai dasar Gedung Sarinah. Baru, dalam proses renovasi Gedung Sarinah, harta karun yang terabaikan berusia setengah abad itu kembali ramai diperbincangkan.

Dalam sekali kunjungannya saat memantau perkembangan renovasi, Erick Thohir mengatakan, renovasi Gedung Sarinah adalah termasuk memberi sentuhan khusus ke relief tersebut.

"Saya terus terang sangat terharu, dalam arti saya juga pecinta seni ketika melihat kondisi seni budaya yang kita punya ini tidak terawat," kata Erick dalam sebuah video ketika melakukan kunjungan, dikutip Sabtu (16/1/2021).

"Karena itu saya minta Sarinah agar Wika kita perbaiki kembali seperti yang dahulu, apalagi ini jadi salah satu ikon untuk pembangunan Sarinah baru," ujarnya.

Erick mengatakan, Sarinah merupakan pusat perbelanjaan berstatus cagar budaya. Dengan konsep urban forest yang mengutamakan outdoor space di jantung ibu kota.

"Tak hanya bersolek. Sebagai community mall, Sarinah menjadi wadah berbagai komoditas untuk berkolaborasi dan berkarya. Khususnya, bagi para pecinta seni, wirausaha lokal, dan UMKM. Komitmen kami dalam mendorong usaha lokal naik kelas itu 1.000%!," kata Erick dalam unggahan Instagramnya tanggal 18 Januari 2022 itu.



[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Penampakan 'Harta Karun' Soekarno di Basement Gedung Sarinah


(dce/dce)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading