Ini Penampakan Terbaru 'Harta Karun' Soekarno di Sarinah

News - Emir Yanwardhana, CNBC Indonesia
19 January 2022 18:55
Menteri BUMN Erick Thohir  (Instagram Erick Thohir)

Jakarta, CNBC Indonesia - Renovasi gedung Sarinah sudah hampir selesai, rencananya soft launching dilakukan pada Maret 2022 mendatang. Dalam pengenalan wajah barunya, Sarinah juga melakukan pemugaran 'harta karun' atau relief bersejarah di gedung tersebut.

Dalam akun instagram Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menunjukkan relief itu bahkan berfoto di depannya. Terlihat relief yang tadinya hanya mejeng di basement itu kini diletakkan pada lokasi yang akan ramai dilalui pengunjung.

"Sarinah merupakan pusat perbelanjaan berstatus cagar budaya dengan konsep urban forest yang mengutamakan outdoor space di jantung kota Jakarta, tulis Erick dalam postingannya, Rabu (19/1/2022).


Bila ditelisik umur relief tadi sudah mencapai setengah abad, yang merupakan peninggalan Presiden Soekarno. Relief ini ditemukan pada basement bahkan sudah tertutup mesin pendingin gedung yang besar, saat sebelum Sarinah direnovasi.

Relief di Sarinah (Ist BUMN)Foto: Relief di Sarinah (Ist BUMN)
Relief di Sarinah (Ist BUMN)

Pada waktu itu bung Karno mencetuskan pembuatan karya ini sebagai simbol keberpihakan ekonomi pada rakyat. Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) Asikin menjelaskan pembuatan relief sudah menggunakan teknologi pengecoran panel tunggal modern.

Seperti Gedung Sarinah yang dibangun waktu itu sebagai perwujudan modernisasi yang pada masanya adalah mercusuar kebangkitan ekonomi bangsa yang unggul.

Menurut beberapa catatan sejarah Relief ini dibuat oleh kelompok seniman Yogyakarta pada 1962 - 1966 yang menampilkan para penjajah dan pelapak yang melambangkan perjuangan rakyat kecil mencari nafkah.

Meski begitu belum tahu persis siapa yang bertanggung jawab atas pembuatan relief ini. Saat ini masih ditelusuri oleh tim ahli cagar budaya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Dukung Startup, Erick Thohir Siapkan Merah Putih Fund


(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading