Penampakan 'Harta Karun' Soekarno di Mal Sarinah

News - redaksi, CNBC Indonesia
25 March 2022 06:55
Relief Petani di Mal Sarinah usai Direnovasi (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)

Jakarta, CNBC Indonesia - Mal legendaris Sarinah kini sudah beroperasi kembali. Setelah renovasi besar-besaran sejak tahun 2020.

Bersamaan dengan renovasi tersebut, pemugaran relief bersejarah yang selama ini tersembunyi lantai dasar gedung Sarinah pun dilakukan. Relief itu merupakan peninggalan masa pemerintahan Presiden Soekarno.

Kini relief yang konon adalah hasil ide Sang Proklamator itu telah diperindah. Dan, ditampilkan ke publik, ditempatkan di salah satu bagian mal yang merupakan titik lintasan pengunjung.


Wajah Baru Mal Sarinah usai Direnovasi (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)Foto: Wajah Baru Mal Sarinah usai Direnovasi (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)
Wajah Baru Mal Sarinah usai Direnovasi (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)

Dengan begitu, pengunjung mal yang lalu-lalang bisa menikmati suguhan seni bersejarah relief yang katanya telah menggunakan teknologi pengecoran modern tersebut.

"Saya terus terang sangat terharu, dalam arti saya juga pecinta seni ketika melihat kondisi seni budaya yang kita punya ini tidak terawat, karena itu saya minta Sarinah agar Wika  perbaiki kembali seperti yang dahulu, apalagi ini jadi salah satu ikon untuk pembangunan Sarinah baru," kata Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir dalam sebuah video, Jumat (15/8/2021) saat mengungkapkan keberadaan peninggalan bersejarah itu.

Relief Petani di Mal Sarinah usai Direnovasi (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)Foto: Relief Petani di Mal Sarinah usai Direnovasi (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)
Relief Petani di Mal Sarinah usai Direnovasi (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)

Relief itu sudah direstorasi dan dipamerkan, sehingga pengunjung bisa sekilas melihat gambaran kehidupan rakyat di zaman dulu. Yang disebut-sebut menggambarkan keberpihakan akan ekonomi kerakyatan.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Ini Penampakan Harta Karun Soekarno di Sarinah Usai Restorasi


(dce/dce)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading