Mulai Januari, Lion Air Terbang Jakarta-Madinah Non-stop

News - Tim Redaksi, CNBC Indonesia
09 January 2022 07:45
People make their way before prayer at Al-Masjid an-Nabawi or the Prophet Muhammad's Mosque, the second holiest site in Islam, after the annual hajj pilgrimage on last day of Eid al-Adha, in the Saudi holy city of Medina, Thursday, Sept. 15, 2016. (AP Photo/Nariman El-Mofty)

Jakarta, CNBC Indonesia - Maskapai Lion Air memulai layanan penerbangan perdana kembali untuk ibadah umroh dari Jakarta ke Madinah secara non-stop mulai Januari tahun ini. Pesawat pertama yang membawa jamaah umroh asal Indonesia telah lepas landas pada 8 Januari lalu dan dijadwalkan tiba di Bandar Udara Internasional Pangeran Mohammad bin Abdul Aziz-Madinah pukul 19.30 waktu setempat.

Corporate Communications Strategic of Lion Air, Danang Mandala Prihantoro mengatakan bahwa penerbangan tujuan Jeddah dan Madinah ini terlaksana setelah Lion Air memenuhi semua kualifikasi dan persyaratan dari Kementerian Perhubungan Republik Indonesia dan otoritas penerbangan sipil Arab Saudi atau General Authority of Civil Aviation (GACA), termasuk audit keselamatan dan keamanan.

Semua awak pesawat sudah menjalani pengecekan kesehatan berkala dan termonitor, sudah divaksin dosis lengkap dengan vaksin yang diterima otoritas kesehatan Arab Saudi, uji kesehatan Covid-19 (hasil negatif PCR), uji kesehatan jantung, tekanan darah dan lainnya.


Untuk pemberangkatan dan pemulangan jemaah umrah sendiri dilakukan satu pintu melalui Asrama Haji Pondok Gede. Tercatat, ada 414 calon jamaah umroh telah memenuhi persyaratan sebagaimana ketentuan yang berlaku. Persyaratan itu terdiri dari pemeriksaan (screening) kesehatan 1x24 jam sebelum berangkat meliputi pemeriksaan kesehatan, vaksinasi Covid-19, meningitis dan pemeriksaan PCR dengan fasilitas kesehatan (rumah sakit dan laboratorium) yang diterima otoritas kesehatan Arab Saudi.

Penerbangan umroh ditandai dengan pengoperasian Airbus 330-900NEO yang dilayani tanpa henti (non-stop), sebagai pesawat terbaru berbadan lebar dan operator pertama di Asia Pasifik yang menggunakan armada ini.

Danang menyebut bahwa pihaknya serius dalam mengakomodir dan memfasilitasi kebutuhan perjalanan ibadah umroh yang telah dibuka kembali tahun ini. Pembukaan pasar umroh kembali merupakan peluang dan ekspansi bisnis Lion Air sekaligus menciptakan pemerataan konektivitas rute internasional dari Indonesia.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Cek! Persyaratan Umroh Terbaru ke Arab Saudi untuk Jamaah RI


(hsy/hsy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading