Pak Jokowi! Ini Ada 'Obat' Buat Bayar Utang Ribuan Triliun RI

News - Lidya Julita Sembiring, CNBC Indonesia
06 January 2022 10:45
Infografis, APBN 2021 Tutup Buku Sri Mulyani Girang

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan utang pemerintah yang saat ini menggunung lebih dari Rp 6.000 triliun masih aman. Bahkan iya yakin bisa dibayar.

Namun, tentu dengan syarat perekonomian terus membaik. Sebab, utang memang digunakan untuk bisa mencipatakan perekonomian Indonesia yang lebih berkualitas.


"Kalau belanja bagus, jadi infrastruktur bagus, SDM berkualitas buat Indonesia, ekonomi tumbuh pasti bisa bayar lagi utangnya. Termasuk SBSN pasti kita bisa bayar Insyaallah kembali dengan aman," ujarnya.

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa utang dilakukan karena memang Indonesia membutuhkannya. Seperti membangun fasilitas untuk dinikmati masyarakat. Memberikan batuan sosial, subsidi hingga membayar gaji pegawai negeri.

Sehingga, ia pun meminta masyarakat tidak hanya melihat dari nominal utanganya saja. Tapi jug perlu dilihat secara rinci penggunaan utang tersebut.

"Jadi sering yang dengar dari headline utang negara sudah Rp 6.000 apakah sudah aman? Dan tidak pernah liat neraca seluruhnya," jelasnya.

Menurutnya, apalagi selama pandemi Covid-19 pendapatan negara anjlok sedangkan belanja harus terus dilakukan bahkan diperbesar nilainya. Sebab, pemerintah juga menaikkan anggaran untuk belanja kesehatan, bantuan sosial, juga tunjangan bagi pegawai negeri dan TNI/Polri.

Oleh karenanya, mau tidak mau utang harus dilakukan, baik dari pinjaman luar negeri bahkan dengan penerbitan surat utang. Sebab, semua itu tak mampun dibiayai oleh APBN saja.

"Jadi itu buat kita sendiri dan sebagian utang yang ada nanti kita bayar lagi," pungkasnya.


[Gambas:Video CNBC]

(mij/mij)
HALAMAN :
1 2
Artikel Selanjutnya

PDIP 'Sentil' Menteri Ekonomi Jokowi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading