Ada 42 Kasus Baru, Xi'an China Tes Covid Massal Jutaan Orang!

News - Eqqi Syahputra, CNBC Indonesia
21 December 2021 16:35
Employees work in a research and development lab of Beijing Applied Biological Technologies, a firm which is developing COVID-19 molecular diagnostic test kits, during a government organized tour for journalists in Beijing, Thursday, May 14, 2020. China reported three new coronavirus cases Thursday while moving to reopen for business and schools. (AP Photo/Mark Schiefelbein)

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah Kota Xi'an China melakukan tes Covid-19 massal kepada jutaan penduduk pada Selasa (21/12/2021). Langkah itu diambil usai terjadi lonjakan kasus Covid-19 di mana ada 42 kasus baru hari ini. Sehingga total kasus sejak 9 Desember 2021 mencapai 91 orang.

Seperti dikutip AFP, langkah itu juga dilakukan sebagai bentuk pencegahan penularan virus corona varian omicron menjelang musim libur Imlek yang kerap ditandai dengan mobilitas yang meningkat. Langkah tersebut pun erat kaitannya jelang Olimpiade Musim Dingin yang rencananya akan dihelat di Beijing pada Februari tahun depan.

Sebelumnya, pada pertengahan tahun lalu, China telah berhasil mengurangi angka penularan Covid-19 melalui mekanisme pembatasan perbatasan, lockdown, dan karantina. Namun, saat ini di beberapa kota di negara tersebut, penularan kembali terdeteksi, terutama di pusat industri utama bagian timur dan selatan China.

Selain melakukan tes massal, Pemkot Xi'an ini juga telah menutup sekolah dan tempat rekreasi. Langkah itu juga dilakukan bersamaan dengan mendorong masyarakat setempat untuk menghindari berpergian keluar dan berkerumun.

Lebih lanjut, museum yang memiliki makam kaisar pertama China yang berusia 2.000 tahun, juga ikut ditutup mulai Minggu (19/12/2021) dengan tanggal pembukaan kembali yang belum ditentukan.

Selain Covid-19, saat ini kota Xi'an yang berpenduduk sekitar 13 juta jiwa juga sedang dilanda demam berdarah yang mematikan sejak musim dingin. Pihak berwenang mengimbau masyarakat China tetap tenang lantaran hal tersebut umum terjadi di China utara.



[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

'Pecah Telor' Covid di Negeri Xi Jinping, Ini Kronologinya


(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading