Wah, China Cetak Rekor Kasus Harian Tertinggi dalam 21 Bulan!

News - Khoirul Anam, CNBC Indonesia
26 December 2021 16:50
Ilustrasi bendera China. AP/

Jakarta, CNBC Indonesia - China melaporkan kenaikan harian tertinggi kasus Covid-19 lokal dalam 21 bulan. Kenaikan terjadi karena kasus positif lebih dari dua kali lipat di kota barat laut China, Xi'an, yang kini menjadi hotspot teranyar Covid-19 di Negeri Tirai Bambu.

Dilansir dari Reuters, kota berpenduduk 13 juta ini telah memasuki hari keempat kebijakan pengetatan aktivitas publik dan mendeteksi 155 kasus yang ditularkan di dalam negeri per Sabtu (25/12/2021). Jumlah itu mengalami kenaikan sebesar 75 kasus dari hari sebelumnya.

Data itu mengerek jumlah kasus harian nasional sebanyak 158 kasus atau tertinggi sejak China berhasil menahan pandemi Covid-19 pada awal 2020.


Dengan 485 kasus bergejala lokal yang dilaporkan per 9-25 Desember, Xi'an telah memberlakukan kebijakan ketat untuk mengendalikan pandemi. Bentuk kebijakan itu di antaranya warga dilarang meninggalkan kota tanpa persetujuan otoritas lokal dan menerapkan kebijakan lockdown.

Kota tersebut mengumumkan tidak adanya infeksi yang disebabkan oleh varian omicron, meski pihak berwenang China telah melaporkan beberapa infeksi omicron di antara turis internasional dan di China selatan.

Termasuk kasus impor, China mengonfirmasi sebanyak 206 kasus baru pada Sabtu (25/12/2021) atau naik dari 140 sehari sebelumnya. Namun, China tidak melaporkan adanya kasus kematian baru, sehingga jumlah kematian kumulatif tercatat 4.636.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Jelang Olimpiade, China 'Kunci' Aktivitas Warga di Kota Xi'an


(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading