Terungkap! Bukan Sri Mulyani, Ini Dalang Pemangkasan Dana MPR

News - Lidya Julita Sembiring, CNBC Indonesia
06 December 2021 14:10
Infografis/Sri Mulyani Bikin Murka Bamsoet Cs, Ini Akar Masalahnya/Aristya rahadian

Jakarta, CNBC Indonesia - Pekan lalu, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mendapatkan serangan politik dari MPR RI. Bahkan MPR memina Presiden Joko Widodo (Jokowi) memecatnya dari jabatan saat ini.

Sri Mulyani disalahkan karena terus memotong anggaran MPR setiap tahunnya. Padahal, jumlah pimpinan MPR makan banyak sehingga harusnya anggaran makin naik bukan turun.


Namun, ternyata bukan Sri Mulyani yang memangkas anggaran MPR. Dalang dibalik pemangkasan itu adalah Badan Pembangunan dan Perencanaan Nasional (Bappenas)/Kementerian PPN.

"Padahal yang memotong anggaran bukan Kemenkeu. Tapi yang potong anggaran di Bappenas," ujar Kepala Bappenas Suharso Monoarfa, Senin (6/12/2021).

Oleh karenanya, ia meminta daerah dan bahkan pimpinan MPR untuk tidak menyalahkan Sri Mulyani. Ia berharap semua pihak yang dipotong anggarannya tidak menyerang bendahara negara itu seperti yang dilakukan Pimpinan MPR.

"Maka mudah-mudahan mereka semua akan mengerti, lebih memahami bu Sri Mulyani dibandingkan Bambang Soesatyo," kata dia.

Menurutnya, mengenai pemotongan anggaran ini juga sudah disampaikan Sri Mulyani ke Ketua MPR itu. Di mana yang melakukan bukan dirinya melainkan Bappenas.

"Jadi kemarin waktu di Bali (pertemuan Kadin). Waktu pertama kali duduk, langsung ditembak bu Sri Mulyani 'itu (nunjuk Suharso) yang memotong anggaran, saya yang kena'," jelasnya.

Lanjutnya, selama ini belum banyak yang tahu bahwa pemotongan anggaran ini berasal dari Bappenas. Hanya saja yang mengumumkan adalah Kementerian Keuangan.

"Selama ini orang nggak tahu yang motong kita di Bappenas. Pura-puranya kita dorong aja Kemenkeu (sambil tertawa) tapi emang amplopnya dikasih segitu gimana lagi?," pungkasnya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Panas! Didesak Mundur MPR, Begini Pembelaan Sri Mulyani


(mij/mij)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading