Internasional

Varian Baru Covid-19, Dua Tetangga RI Batasi Pelancong Afrika

News - Thea Fathanah Arbar, CNBC Indonesia
26 November 2021 21:07
Infografis: Sederet Fakta Covid Varian Delta 'India' yang Sudah Masuk RI

Jakarta, CNBC Indonesia - Singapura dan Malaysia akan membatasi kedatangan pengunjung dari tujuh negara di benua Afrika. Langkah ini diambil setelah Afrika Selatan menemukan varian Covid-19 baru dengan sejumlah besar mutasi.

Dilansir dari AFP, Jumat (26/11/2021) dua negara tetangga RI ini memberlakukan pembatasan untuk Afrika Selatan, Botswana, Eswatini, Lesotho, Mozambik, Namibia, dan Zimbabwe.

Semua non-warga negara dan pengunjung tanpa tempat tinggal permanen yang memiliki riwayat perjalanan ke tujuh negara tersebut akan dilarang masuk ke Singapura dan Malaysia.


Sementara warga negara dan orang asing yang memiliki status penduduk tetap akan diizinkan untuk kembali ke Singapura dan Malaysia, tetapi harus menjalani karantina, menurut pejabat kesehatan di kedua negara.

Malaysia juga melarang warganya mengunjungi tujuh negara yang terkena dampak varian baru corona. Pembatasan ini baru akan dimulai pada akhir pekan di kedua negara.

Meski belum ada varian baru yang terdeteksi, kementerian kesehatan Singapura mengatakan sedang berusaha untuk "mengambil tindakan pencegahan yang diperlukan untuk mengurangi risiko" mencapai negara kota itu.

Pembatasan ini muncul setelah beberapa negara Eropa, termasuk Inggris, melarang sebagian besar perjalanan dari Afrika Selatan.

Para ilmuwan di Afrika Selatan mengumumkan penemuan varian baru B.1.1.529 pada Kamis. Ini memiliki banyak mutasi sehingga membuat lonjakan infeksi di wilayah terkait. Varian baru ini awalnya hanya terdeteksi di Afrika Selatan dalam jumlah kecil, tetapi kini menyebar ke beberapa wilayah, hingga ke Hong Kong.


[Gambas:Video CNBC]

(tfa/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading