Aktivitas Warga +62 Balik Normal, Kayak Sebelum Covid Muncul

News - Lidya Julita Sembiring, CNBC Indonesia
26 November 2021 16:15
Menteri Keuangan Sri Mulyani Saat Konferensi Pers APBN KITA 25 November 2021 (Tangkapan Layar Youtube Kemenkeu) Foto: Menteri Keuangan Sri Mulyani Saat Konferensi Pers APBN KITA 25 November 2021 (Tangkapan Layar Youtube Kemenkeu)

Jakarta, CNBC Indonesia - Aktivitas masyarakat Indonesia perlahan pulih. Bahkan kini sudah melebihi tingkat aktivitas yang terjadi sebelum adanya pandemi covid-19.

"Covid terjaga maka mobilitas bisa terus terjadi dan bahkan sudah di level sebelum pandemi," ungkap Sri Mulyani dalam konferensi pers APBN Kita, Kamis (25/11/2021)


Situasi terburuk di tahun ini memang terjadi pada periode Juni- Agustus. Di mana covid varian delta hadir dan menyebar dengan sangat cepat. Dalam sehari ada 50 ribu lebih kasus positif dan lebih buruknya ada 2000 orang meninggal akibat covid.

Dok. KemenkeuFoto: Dok. Kemenkeu
Dok. Kemenkeu

Perlahan covid terkendali. Rumah sakit dan tempat isolasi terpusat mulai sepi dari pasien. Terlihat dari data Google yang dirangkum Kementerian Keuangan (Kemenkeu), ada peningkatan mobilitas 0,9% memasuki kuartal IV.

Orang-orang juga mulai bepergian ke perkantoran, pusat perbelanjaan hingga tempat-tempat wisata. Padahal kalau diingat dua bulan lalu, area mobilitas masyarakat hanya berkutat di perumahan dan apotek.

Sri Mulyani mengingatkan, data tersebut memang tampak bagus buat ekonomi. Hanya saja, bila tidak dibarengi dengan protokol kesehatan yang ketat, hal ini bisa jadi ancaman seperti yang berlangsung di akhir tahun lalu.

"Terutama menjelang liburan nataru. Ini yang kita fokus jaga agar tidak meningkat kasusnya," pungkasnya.


[Gambas:Video CNBC]

(mij/mij)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading