'Kiamat' Uang Kertas di Depan Mata, Sudah 'Sakratul Maut' Nih

News - Hidayat Setiaji, CNBC Indonesia
26 November 2021 13:05
Pembayaran Digital, E Wallet (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki) Foto: Pembayaran Digital, E Wallet (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

Jakarta, CNBC Indonesia - Dulu, keluar rumah tanpa dompet adalah 'kiamat'. Tidak bisa apa-apa, tidak bisa makan, minum, jajan, dan sebagainya. Mau bagaimana lagi, uang untuk belanja ada di dompet yang ketinggalan itu.

Namun sekarang sudah lain. Keluar rumah tanpa dompet tidak masalah, yang penting jangan ketinggalan telepon seluler (ponsel). Sekarang, yang namanya uang sudah ada di dalam ponsel.

Ya, perkembangan teknologi memungkinkan uang tidak lagi berbentuk fisik. Uang sudah berbentuk enkripsi digital yang bentuknya 'gaib'. Tidak bisa dilihat, tidak bisa diraba, tidak bisa diterawang, tetapi nilainya ada dan menjadi alat pembayaran yang sah.


Uang di dalam ponsel itu disebut dompet elektronik alias e-wallet. Selain di ponsel, uang juga kini bisa berbentuk kartu yang kini wajib digunakan untuk bertransaksi di jalan tol. Uang dalam bentuk aplikasi dan kartu itu disebut uang elektronik.

Uang Fisik Makin Ditinggalkan
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading