Vaksin Dua Kali Dapat Diskon Gede-gedean! Nih Caranya

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
12 August 2021 07:50
Pembayaran Digital, E Wallet (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah mendorong platform e-wallet memberikan bonus dan berbagai diskon lainnya bagi masyarakat yang sudah mendapatkan dosis vaksin Covid-19.

Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga mengemukakan hal tersebut sebagai bentuk dari apresiasi sekaligus dorongan terhadap animo masyarakat untuk melakukan vaksinasi.

"Jadi siapapun yang sudah divaksin bisa mendapat akses prioritas untuk upgrade e-wallet dan diskon khusus, cashback atau jika diskon yang lebih besar," kata Jerry, dalam keterangan tertulis, Kamis (12/8/2021).


Jerry mencontohkan misalnya aplikasi seperti Gopay, Shopee-pay, Ovo dan lain-lain. Mereka memiliki semacam program khusus yang dirancang agar pelanggannya yang sudah divaksin bisa mendapatkan prioritas atau diskon khusus yang berbeda.

Caranya pelanggan yang sudah vaksin dua kali bisa tunjukkan bukti vaksinnya dan kemudian dia bisa mengakses program-program upgrade dan prioritas tersebut secara berkelanjutan.

"Jadi pelanggan cuma harus masukkan bukti vaksin di awal saja. Setelah itu ia bebas mengakses dan mendapat diskon-diskon khusus yang diselenggarakan oleh platform yang ia ikuti. Itu buat pelanggan yang sudah vaksin dua kali," jelasnya.

Menurutnya, program ini akan memberikan keuntungan ganda. Pertama, masyarakat lebih termotivasi lagi untuk divaksin sehingga kekebalan kelompok bisa lebih cepat terwujud.

Kedua, ini juga akan memberikan insentif dalam berbelanja sehingga roda perekonomian juga akan makin berputar. Apalagi, porsi belanja online masyarakat memang meningkat pesat semasa pandemi.

Berdasarkan catatan, banyak platform online mencatat peningkatan transaksi hingga 100% sampai 200%. Saat ini sebagian besar mereka yang berbelanja online adalah kelompok millennial dan generasi Z.

"Arahnya memang ke situ karena belanja online lebih banyak pilihan, lebih murah dan sekarang makin mudah. Pengirimannya pun semakin cepat." katanya.


[Gambas:Video CNBC]

(cha/cha)
Terpopuler
    spinner loading
Artikel Terkait
Features
    spinner loading