Terungkap Masalah Dunia yang Bikin Jokowi Pening! Apa Itu?

News - Hidayat Setiaji, CNBC Indonesia
18 November 2021 14:10
Pengantar Presiden RI Pada Sidang Kabinet Paripurna, Istana Merdeka, 17 November 2021 Foto: Pengantar Presiden RI Pada Sidang Kabinet Paripurna, Istana Merdeka, 17 November 2021

Nah, lonjakan permintaan saat pasokan masih lemah ini menyebabkan tekanan inflasi. Berbagai negara kini menghadapi angka inflasi yang tinggi, bahkan ada yang sampai mengukir rekor baru.

Di Amerika Serikat (AS), misalnya, laju inflasi pada Oktober 2021 adalah 6,2% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya (year-on-year/yoy). Ini adalah rekor tertinggi sejak Oktober 1990, lebih dari 30 tahun.

Indonesia pun tidak imun dengan masalah ini. Meski tidak separah AS, ada gejala laju inflasi Tanah Air mulai terakselerasi.

Bank Indonesia (BI) dalam Survei Pemantauan Harga (SPH) hingga pekan II memperkirakan inflasi November 2021 sebesar 0,25% dibandingkan bulan sebelumnya (month-to-month/mtm). Jika terwujud, maka menjadi yang tertinggi sejak Mei 2021.

Oleh karena itu, wajar jika Presiden Joko Widodo (Jokowi) resah. Menurutnya, gangguan rantai pasok (supply chain) ini menjadi masalah baru yang menghantui dunia usai pandemi virus corona.

"Bingungnya negara-negara sekarang ini berkaitan dengan global supply chain dan ketergantungan kita pada satu, dua, tiga negara. Juga kesulitan kontainer, hampir semua ini karena disrupsi yang memang mengacaukan dan kompleksitasnya tambah, semakin bertambah," tegas Kepala Negara.

TIM RISET CNBC INDONESIA


(aji/aji)
HALAMAN :
1 2
Artikel Selanjutnya

Krisis Kontainer, Acak-Acak Stok Mainan Anak di Dunia!

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading