Internasional

Covid Rusia Makin 'Meledak', Kasus & Kematian Rekor Tertinggi

News - Thea Fathanah Arbar, CNBC Indonesia
04 November 2021 10:06
Kasus Covid-19 di Rusia Meningkat. AP/

Jakarta, CNBC Indonesia - Covid-19 Rusia makin merajalela. Berdasarkan sejumlah website pengumpul data, kasus baru dan kematian di negara itu sama-sama mencatat rekor tertinggi.

Mengutip Worldometers, Rabu (3/11/2021), kasus baru menembus rekor harian tertinggi 40.443. Hal sama juga terjadi pada kematian di mana angkanya 1.189.


Merujuk ke data John Hopkins University, kasus Covid-19 rusia kini rata-rata 38.547 sehari. Hal ini berlaku selama tujuh hari hingga 2 November.

Kenyataan ini membuat beberapa wilayah di negeri itu mengatakan akan memberlakukan pembatasan tambahan dan memperpanjang lockdown tempat kerja guna memerangi lonjakan Covid-19. Sebelumnya Moskow, ibu kota Rusia juga telah memberlakukan penguncian sebagian secara nasional.

Penggunaan kode QR juga akan dilakukan di daerah perbatasan Pskov. Wilayah ini dekat dengan Estonia, Latvia, dan Belarusia.

"Ada kemungkinan penggunaan kode QR akan diperluas dan diterapkan ke sektor ekonomi lainnya," kata Mikhail Vedernikov, gubernur wilayah Pskov, dimuat Reuters dari TASS.

Hal sama juga berlaku di wilayah Komi, Amur, dan Ulyanovsk. Pihak berwenang mengatakan akan lebih banyak pembatasan diberlakukan jika infeksi makin meningkat.

Sementara itu, Senin lalu, Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan mungkin akan menerjunkan tentara untuk membangun rumah sakit darurat pasien Covid-19. Ini guna memberikan dukungan pada fasilitas medis sipil.

Kenaikan kasus Covid-19 di Eropa memang telah diperingatkan WHO. Ada tren meningkat sejak dua pekan lalu.

Rusia pun masuk sebagai salah satu negara dengan kenaikan kasus. Secara total negeri itu memiliki 8/633.643 kasus Covid-19 dengan 242.060 kematian sejak pandemi menyerang di 2020.


[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading