Internasional

Makin Mesra, Pejabat Taliban Ketemu China di Doha

News - Thea Fathanah Arbar, CNBC Indonesia
27 October 2021 13:50
Pendiri Taliban Mullah Abdul Ghani Baradar bersama Menlu Chna Wang Yi. Ist

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Luar Negeri (Menlu) China Wang Yi melakukan pertemuan tingkat tinggi pertama dengan delegasi pemerintah kelompok Taliban di Afghanistan. Ia bertemu dengan Amir Khan Muttaqi, menlu sementara pemerintah Taliban di Doha, Qatar.

Juru bicara Taliban, Zabihullah Mujahid, merilis sebuah video yang menunjukkan pertemuan keduanya. Taliban memberikan hadiah kepada Wang Yi dan keduanya berjabat tangan, sebagaimana ia unggah di akun Twitter-nya, Selasa (26/10/2021).


Dilansir dari Global Times, Taliban berjanji akan memutuskan hubungan dengan "Gerakan Islam Turkistan Timur (ETIM)" dan organisasi lain yang dianggap China teroris. Sebelumnya kelompok ini menjadi "batu hambatan" China di provinsi Xinjiang.

Sementara kedua belah pihak sepakat untuk membentuk mekanisme penghubung guna membahas pertukaran di masa depan. Dalam pertemuan itu, Afghanistan di bawah Taliban juga mendapatkan bantuan dari masyarakat China, termasuk internasional lain, seperti Pakistan dan beberapa negara.

Sebenarnya, ini bukan kali pertama pembicaraan dilakukan kedua belah pihak. Pada 8 September China berjanji memberikan bantuan makanan, bahan untuk musim dingin, vaksin serta produk medis senilai 200 juta yuan atau setara Rp 444 miliar (asumsi Rp 2.220/yuan).

Sementara pada Senin (25/10/2021), Wang Yi juga bertemu dengan Pejabat Wakil Perdana Menteri Taliban, Mullah Abdul Ghani Baradar. Ini merupakan pertemuan kedua mereka setelah di Tianjin beberapa saat lalu.

Baradar mengatakan Taliban sangat mementingkan masalah keamanan China dan akan dengan tegas menghormati janjinya. Ia mengatakan tidak pernah mengizinkan pasukan apa pun untuk menggunakan wilayah Afghanistan untuk menyakiti China.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

China 'Pepet' Taliban di Afghanistan, Ada Apa Mr Xi Jinping?


(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading