Internasional

Awas Gelombang 3 Covid RI, Inggris hingga Rusia Sudah Meledak

News - Tommy Patrio Sorongan & Thea Fathanah Arbar, CNBC Indonesia
19 October 2021 12:10
Lonjakan Covid-19 yang terjadi membuat pemerintah Singapura memutuskan untuk memperketat pembatasan sosial warganya. (REUTERS/EDGAR SU)

Covid-19 di Singapura masih tergolong tinggi, di negeri 5 juta penduduk itu. Mengutip data John Hopkins, rata-rata kasus seminggu ini sekitar 3.030.

Kenaikan terjadi pasca Mei negeri itu memperkenalkan rencana "hidup dengan virus" dan beralih dari pendekatan "nol Covid". Juni dan Juli, negeri itu lalu melonggarkan pembatasan dan Agustus, mengizinkan bisnis beroperasi penuh.


Namun sejak itu kasus baru terus mengalami kenaikan. Sepanjang Juli dan Agustus kasus naik lebih dari 100 per hari.

Varian Delta menjadi penyebab. Pemerintah sempat memperdiksi akhir bulan ini mungkin saja ada penambahan kasus baru 5.000 hingga 10.000.

Terbaru, akibat ledakan Covid ini, CDC, memasukkan Singapura ke "daftar merah" tujuan perjalanan. Di mana tetangga RI itu kini berada dalam list negara "very high risk" alias berisiko tertinggi Covid-19.

Singapura sebelumnya berada di Level 3 alias "risiko tinggi". Namun kini, dari pembaruan yang dilakukan, negara kota itu di "Level 4".

Mengutip CNN International, CDC sendiri memasukkan sebuah negara ke kategori Level 4 karena sejumlah kriteria. Di antaranya telah memiliki 500 kasus per 100.000 penduduk dalam 28 hari terakhir.

Halaman 3>>

HALAMAN :
1 2 3 4 5 6
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading