Internasional

Awas Gelombang 3 Covid RI, Inggris hingga Rusia Sudah Meledak

News - Tommy Patrio Sorongan & Thea Fathanah Arbar, CNBC Indonesia
19 October 2021 12:10
Kasus Covid-19 di Rusia Meningkat. (REUTERS/MAXIM SHEMETOV)

Kasus infeksi Covid-19 harian di Rusia melonjak tinggi dalam lima hari terakhir. Jumlahnya naik lebih dari 70% dibandingkan total infeksi harian bulan lalu.

Gugus tugas virus corona nasional Rusia mencatat 34.325 infeksi harian baru, Senin (18/10/2021). Jumlah ini naik dibandingkan dengan 20.174 yang dilaporkan pada 19 September sebelumnya.

Sementara, jumlah korban tewas pada periode yang sama mencapai 998 orang. Pada Sabtu (16/10/2021), Rusia sempat mencatat angka kematian harian sempat menembus 1.002 kasus.


Terlepas dari jumlah korban yang meningkat, Kremlin mengesampingkan pilihan penguncian nasional. Sebaliknya, mereka mendelegasikan untuk menegakkan pembatasan virus corona kepada otoritas regional.

Kota Saint Petersburg di Rusia mengumumkan pengetatan pembatasan dan mengumumkan aturan terkait akses warga pada acara yang ramai, Senin, sebagaimana dilaporkan AFP.

Wakil Gubernur Boris Piotrovski mengatakan dalam sebuah posting Telegram jika orang perlu menunjukkan kode batang QR untuk masuk ke acara olahraga dan budaya, yang hanya diberikan kapasitas untuk berkumpul dengan 40 orang, mulai 1 November mendatang.

Hanya orang yang telah divaksinasi lengkap atau yang memiliki tes Covid negatif dalam 72 jam terakhir yang menerima kode QR. Sementara mulai 15 November, pembatasan itu akan diperluas ke kolam renang, pusat kebugaran, teater, bioskop, museum, dan sirkus dan diperluas ke restoran dan toko di 1 Desember.

Tetapi kafe di stasiun dan bandara, begitu juga apotek dan toko yang menjual makanan akan dikecualikan dari aturan pembatasan. Pemerintah kota juga merekomendasikan agar semua pengusaha menerapkan teleworking (wfh) untuk staf mulai 1 November.

Sementara itu, pihak berwenang Rusia masih mencoba untuk mempercepat laju vaksinasi. Sejumlah hadiah diberikan mulai dari lotere, bonus, dan insentif lainnya.

Namun skeptisisme vaksin yang meluas di antara warga dan sinyal bertentangan di antara para pejabat menghalangi upaya tersebut. Pemerintah mengatakan minggu ini, sekitar 43 juta orang Rusia atau sekitar 29% dari hampir 146 juta penduduk negara itu, telah divaksinasi sepenuhnya.

Halaman 6>>

HALAMAN :
1 2 3 4 5 6
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading