Kabar Gembira! Sandiaga Siap Buka Bali untuk Turis Asing

News - Emir Yanwardhana, CNBC Indonesia
04 October 2021 17:18
Menparekraf, Sandiaga Uno saat pembukaan JaKreatiFest 2021. (Tangkapan Layar Youtube BI Jakarta)

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah merencanakan akan membuka Bandara Internasional Ngurah Rai Bali untuk penerbangan internasional per 14 Oktober 2021. Rencana itu disampaikan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Jenderal TNI (Purn.) Luhut Binsar Pandjaitan dalam keterangan pers virtual, Senin (4/10/2021).

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Baparekraf Sandiaga Salahuddin Uno mengungkapkan kebijakan tersebut akan sejalan dengan uji coba pembukaan Bali bagi wisatawan mancanegara (wisman).

"Tentunya ini harus kita lakukan dengan penuh kehati-hatian. Karena walaupun kita sekarang mengalami situasi Covid-19 yang terkendali dan beberapa capaian kita ini mengundang pujian atau mengundang apresiasi dari banyak negara kita tidak boleh lengah. Kita harus tetap hati-hati dan waspada," ujar Sandi, sapaan akrab Sandiaga Salahuddin Uno, dalam weekly press briefing, Senin (4/10/2021).



Menurut dia, ada beberapa pertimbangan yang harus difinalisasi sebelum 14 Oktober, termasuk dari segi negara, karantina, dan testing.

"Tapi yang paling terpenting yang paling utama dan prioritas adalah keselamatan baik masyarakat Indonesia terlindung dari lonjakan kasus-kasus baru Covid-19 dan juga bagaimana kita mengidentifikasi dan memitigasi varian-varian baru yang bermunculan berkaitan dengan mutasi virus corona," kata Sandi.

Lebih lanjut, dia bilang kalau pemerintah akan menyiapkan hotel-hotel yang dipersiapkan untuk karantina. Kemampuan untuk testing sudah mencapai 300 tes per hari di Bandara Internasional Ngurah Rai.

"Dari hasil pantauan persiapan penanganan Covid-19 akan kita laporkan sebelum hari H di pertengahan Oktober. Ini kita harus lakukan langkah-langkah agar persiapan G20 ini semakin baik karena kita bulan November akan ambil alih Presidensi G20 dan kegiatannya banyak dipusatkan di Bali," ujar Sandi.



[Gambas:Video CNBC]

(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading