Jerman Jagokan Tedros Jabat Sekjen WHO Lagi

News - Tommy Sorongan, CNBC Indonesia
22 September 2021 20:55
Tedros Adhanom. AP/Christophe Ena

Jakarta, CNBC Indonesia - Jerman mencalonkan Tedros Adhanom Ghebreyesus untuk memimpin kembali Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO sebagai Sekretaris Jenderal (Sekjen).

Dalam sebuah laporan yang dikutip AFP, pengusungan Tedros sendiri secara resmi diumumkan melalui Kementerian Kesehatan Berlin pada Rabu (22/9/2021). Ini sehari sebelum sebelum batas waktu pengajuan pada Kamis.

Langkah Jerman ini membuat Tedros menjadi satu-satunya figur yang diajukan sejauh ini. Manuver Berlin ini juga dinilai sebagai kejutan karena sebelumnya tidak pernah diduga.


Tedros sendiri memang diprediksi akan maju lagi sebagai Sekjen. Pasalnya, pria 56 tahun itu sangat populer atas perannya mengarahkan WHO dalam mengkoordinasikan respons pandemi global Covid-19.

Meski begitu, negara asal Tedros, Ethiopia, belum secara resmi mengatakan tidak akan mendukung pria yang juga mantan Menteri negara itu. Bahkan, Addis Ababa dilaporkan akan menarik dukungannya kepada Tedros akibat aksinya yang berulang kali menggunakan platform WHO untuk mengutuk aksi militer Ethiopia di kampung halamannya di wilayah Tigray.

Sementara itu, para negara anggota WHO memiliki waktu hingga Kamis, 23 September 2021 pukul 18:00 waktu Swiss untuk mengajukan calonnya. Jika ada lebih dari satu kandidat, proses penyaringan awal akan dimulai pada Januari 2022. Untuk pemilihan, rencananya WHO akan menggelar agenda tersebut pada Mei 2022 mendatang.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading