Simak Nih! 3 Proyek Infrastruktur Megah di Era Jokowi

News - Emir Yanwardhana, CNBC Indonesia
17 September 2021 14:40
Jembatan Batam-Bintan (dok. PUPR)

Jembatan Terpanjang Milik RI
Pemerintahan Jokowi juga sedang menyiapkan proyek jembatan terpanjang yakni di bagian barat Indonesia, tepatnya Jembatan Batam Bintan. Jembatan ini memiliki panjang 7 km sehingga dapat mengalahkan jembatan Suramadu yang membelah selat Madura atau menghubungkan pulau Jawa (Surabaya) dengan pulau Madura sepanjang 5,43 km.

Pada website Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau, dipastikan konstruksi Jembatan Batam Bintan dimulai pada 2022. Hal itu disampaikan Gubernur Provinsi Kepri H. Ansar Ahmad kepada Kepala Staf Presiden Moeldoko saat meninjau landing point Jembatan Batam Bintan, Jumat (28/5).

Pemprov Kepri juga sudah menyiapkan anggaran Rp 50 miliar untuk pembebasan lahan sekitar proyek. Kepala Bidang Bina Marga Dinas PU Pemprov Kepri Yodi Yantari mengatakan, terdapat 24 hektare lahan masyarakat yang akan dibebaskan.

Untuk diketahui rencana ini juga masih dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah RPJMD tahun 2021 - 2026. Dari pemerintah pusat juga memastikan bahwa proyek ini masuk dalam Proyek Strategis Nasional (PSN).



Jalan Meliuk-Liuk untuk Papua
Jalan Trans Papua juga sudah dibangun Jokowi dan akan menghubungkan wilayah Marauke-Sorong sepanjang 3.462 km. Jalur yang dibangun meliuk-liuk mengikuti kontur bukit dan gunung.

Per Juli, Kementerian PUPR sudah menyelesaikan jalan tembus sepanjang 3.446 km, dengan kondisi teraspal sepanjang 1.733 km, belum teraspal 1.712 km, dan belum tembus sepanjang 16 km.

Pada tahun ini, penanangan jalan Trans Papua, yakni sepanjang 139 km dan Papua Barat 120 km meliputi pembangunan baru, pembukaan jalan dan peningkatakan struktur/pengerasan.

Selain itu, Kementerian PUPR juga sedang menyelesaikan pembangunan jalan perbatasan di Papua dengan total panjang 1.098 km, di mana telah tembus 931 km dengan kondisi teraspal sepanjang 756 km.

Pada tahun 2021, sedang dikerjakan jalan perbatasan di Papua sepanjang 34 km meliputi pembangunan baru, pembukaan jalan dan peningkatan struktur/perkerasan. Di daerah perbatasan, Kementerian PUPR membangun Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Yetetkun dengan progres 8% dengan target selesai April 2022 dan PLBN Sota yang telah selesai pada 2020, termasuk sarana pasar.



[Gambas:Video CNBC]

(miq/miq)
HALAMAN :
1 2
Artikel Selanjutnya

Terkuak! Gegara Ini Jokowi Marah Lagi di Depan Para Menteri

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading