Infrastruktur Megah Jokowi:Patimban sampai Tol Terpeka

News - Emir Yanwardhana, CNBC Indonesia
17 September 2021 15:44
Pelabuhan Internasional Patimban Subang Jawa Barat. (Dok. Dirjen Perhubungan Laut Kemenhub)

Jakarta, CNBC Indonesia - Pembangunan infrastruktur era kepresidenan Joko Widodo cukup megah, hingga menembus rekor. Mulai dari bendungan, jembatan, jalan nasional, hingga Pelabuhan.

Saat ini pemerintah juga tengah mengerjakan pengembangan salah satu pelabuhan terbesar di Indonesia yang terletak di Subang, Jawa Barat, Yakni pelabuhan Patimban.

Tahap pertama fase satu Pelabuhan ini sudah beroperasi dari Desember 2020, sisanya pengembangan tahap satu fase dua ditargetkan selesai pada 2023, selanjutnya tahap dua dan tahap tiga akan dilakukan pada 2024 - 2027.

Sehingga total kapasitas bongkar muat maksimal pelabuhan ini mencapai 7,5 juta TEUs, dengan total area daratan pelabuhan mencapai 686 hektare, dan areal perairan seluas 25.756 hektar.

Beda dengan pelabuhan Tanjung Priok, dimana memiliki luas lahan 627 hektare, dengan dengan kerja perairan mencapai 639 hektare. Pelabuhan terbesar Indonesia yang berada di utara Jakarta ini memiliki kapasitas bongkar muat peti kemas mencapai diatas 5 juta teus per tahun, mengutip Profil pelabuhan di website IPC.

Sehingga pelabuhan Patimban nantinya diplot sebagai pelabuhan terbesar RI, yang diharapkan dapat beroperasi sepenuhnya pada 2027 mendatang.

Dalam keterangan Kementerian Perhubunga, saat ini pembangunan Pelabuhan Patimban memasuki Fase 1-2 (2021-2026) yang meliputi pembangunan terminal peti kemas sampai dengan kapasitas 3,75 juta TEUs dan terminal kendaraan dengan kapasitas total sampai dengan 600.000 CBUs. Pembangunan Patimban sudah mendapat mandatori untuk dipercepat oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Jalan Tol Terpanjang Milik RI

Jalan tol. Salah satu proyek jalan tol terpanjang yang sudah beroperasi adalah jalan tol Terbanggi Besar - Kayu Agung yang menjadi bagian jalan tol Trans Sumatera.

Jalan tol yang sudah diresmikan pada 2019 lalu ini juga sudah mendapat pengakuan dari Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai tol terpanjang.

Tol ini membentang dari wilayah Kayu Agung ke Palembang dan Palembang ke Banyuasin sepanjang 189 km.

Terbanggi Besar - Pematang Panggang - Kayu Agung merupakan Jalan Tol lanjutan ruas Bakauheni - Terbanggi Besar sepanjang 141 Km yang sudah beroperasi penuh sejak Maret 2019 lalu. Konstruksi ruas Terbanggi Besar - Pematang Panggang - Kayu Agung telah dikerjakan sejak pertengahan 2017 dengan biaya investasi sebesar Rp 21,95 triliun.



[Gambas:Video CNBC]

(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading